Studi Evaluasi Kemampuan Guru dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Pelaksanaannya dalam Kegiatan Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang

ABIDIN, ZAINAL (2020) Studi Evaluasi Kemampuan Guru dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Pelaksanaannya dalam Kegiatan Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
artikel pak zainal.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan dari suatu kegiatan sangat ditentukan oleh rancangan perencanaannya. Apabila perencanaan suatu kegiatan dirancang dengan baik, maka kegiatan akan lebih mudah dilaksanakan, terarah serta terkendali. Demikian pula halnya dalam proses belajar mengajar, agar pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik maka diperlukan perencanaan pembelajaran yang baik. Perencanaan pembelajaran berperan sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran agar lebih terarah dan berjalan efektif dan efisien. Dengan kata lain perencanaan pembelajaran berperan sebagai skenario proses pembelajaran. Namun demikian, dalam implementasinya masih banyak permasalahan yang dihadapi oleh para guru dalam perancangan pembelajaran dan pelaksanaannya. Atas dasar pemikiran di atas dan dalam rangka implementasi standar isi yang termuat dalam standar nasional pendidikan studi evaluative Kemampuan guru dalam perancangan pembelajaran dan pelaksanaannya ini sangat signifikan dilakukan, menarik dan penting untuk diteliti demi kemajuan dan peningkatan kualitas pendidikan pada guru rumpuan Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat korelasi atau pengaruh kemampuan guru dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan pelaksanaanya dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Untuk mendapatkan data, penulis melakukan wawancara kemudian observasi, dokumentasi dan quesioner atau angket. Untuk analisis data sendiri penulis menggunakan analisis korelasi product moment dalam rangka pengujian hipotesis untuk mencari pengaruh dan hubungan dari masing-masing variabel. Dalam pengujan hipotesis sendiri untuk melihat korelasi antara kemampuan guru merancang RPP dan pelaksanaanya dalam pembelajaran diperoleh nilai “r” hitung sebesar 0,384. Nilai tersebut kemudian dikonsultasikan dengan nilai “r” tabel sebesar (0,348). Diketahui nilai “r” hitung (0,384) lebih besar daripada nilai “r” tabel (0,348) pada taraf signifikansi 5%, bahwa terdapat hubungan yang positif. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kemampuan guru membuat perencanaan pembelajaran dan melaksanakannya sudah berada pada kategori baik, artinya terdapat hubungan yang postif antara keduanya. Menunjukkan bahwa ada pengaruh dan hubungan yang positif antara kemampuan guru dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan pelaksanaanya dalam kegiatan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86130 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 21 Oct 2021 06:33
Last Modified: 21 Oct 2021 06:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17890

Actions (login required)

View Item View Item