Peranan Dakwah Islam Dalam Membina Akhlak Masyarakat Melalui Kegiatan Majelis Ta’lim Dan Khataman Al-Qur’an Di Desa Tanjung Keputran Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin

Muslimin, Imam (2021) Peranan Dakwah Islam Dalam Membina Akhlak Masyarakat Melalui Kegiatan Majelis Ta’lim Dan Khataman Al-Qur’an Di Desa Tanjung Keputran Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Agama Islam yang disebarkan dan diperkenalkan kepada seluruh umat terdahulu hingga umat saat ini tidaklah terlepas dari kegiatan dakwah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW hingga para ulama sampai saat ini. Agama Islam sangatlah memiliki peran penting didalam kehidupan umat manusia, karena dengan adanya agama Islam dan keimanan didalam diri, maka hidup akan lebih teratur dan terarah karena adanya aturan-aturan didalam al-Qur’an dan al-Hadist sebagai pedoman hidup umat Islam serta demi kejayaan hidup di dunia maupun di akhirat kelak. Untuk mentransformasikan nilai-nilai agama tersebut maka perlulah adanya suatu gerakan kegiatan mendukung usaha dakwah Islam tersebut, antara lain melalui majelis taklim yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada umat tentang nilai-nilai ajaran agama Islam. Islam merupakan agama yangVmemerintahkan untuk mengajak, menyeru dan menyampaikan kebenaran agar manusia selalu dalam bingkai ketundukan dan menyerah diri kepada Allah SWT..Kemudian, dakwah merupakan persoalan penting dalam Islam karena berfungsi untuk mengontrol tegaknya amar.ma’ruf nahi mungkar.1 Sebagaimana firman Allah SWT berikut ini: Artinya :“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar;merekalah orang-orang yang beruntung”.(Q.S.Ali Imran :104)2 Dari ayat diVatas maka dapat dipahami bahwa sebagai umat muslim hendakya dapat menyeru kepada umat muslim lainnya kepada perilaku yang ma’ruf atau suatu kebajikan dan mencegah untuk melakukan suatu perilaku yang mungkar atau yang dilarang demi mendapatkan keridhoan dari Allah SWT. Nabi Muhammad SAW adalah sang pembawa Islam. Tidak hanya itu saja, beliau adalah seorang juru dakwah yang membawakan risalah atau ajaran agama baru bagi manusia. Kehidupan beliau juga merupakan uswah hasanah bagi para umatnya. Dari sana kita dapat mengetahui semangat yang mendorong umat untuk meniru dan meneruskan perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam mendakwahkan ajaran Islam kepada selurah umat manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 390 Norma, etika dan tradisi
Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:35
Last Modified: 27 Oct 2021 04:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18188

Actions (login required)

View Item View Item