“Urgensi Terapi Wudhu Bagi Kesehatan Fisik dan Psikis: Studi Buku Dahsyatnya Terapi Wudhu Karya Muhammad Syafi’ie El-Bantanie

YULYANTI, FIRDA (2021) “Urgensi Terapi Wudhu Bagi Kesehatan Fisik dan Psikis: Studi Buku Dahsyatnya Terapi Wudhu Karya Muhammad Syafi’ie El-Bantanie. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Islam adalah agama yang sangat memperhatikan kebersihan semua aspek dalam kehidupan, seperti kebersihan tubuh, pakaian, makanan, dan semua hal yang berkaitan dengan manusia dilingkungannya. Begitu pula mengenai kesucian, kebersihan dan kesucian pada dasarnya tidak banyak perbedaan. Oleh karena itu, umat muslim sangat direkomendasikan dalam menjaga kebersihan diri, bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun. Shalat seorang muslim tidak sah, selama tidak membersihkan hadas dengan bersuci terlebih dahulu. Wudhu yang dilakuan lima kali dalam sehari untuk membersihkan anggota tubuh yang terkena debu dan keringat. Seperti mulut, hidung, muka, kedua tangan, kepala, telinga, dan kedua kaki. Allah SWT berfirman dalam Al-qur’an surat Al-Maidah ayat 6 Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak melaksanakan shalat, maka basuhlah wajah dan tanganmu sampai ke siku,dan sapulah kepalamu dan (basuhlah) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka baertayamunlah dengan debu dengan baik (suci); usaplah wajhmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur”. (QS. Al-Maidah: 6)1 Pada ayat di atas sudah jelas sekali bahwa dalam mengerjakan shalat, seorang muslim harus membersihkan dan bersuci terlebih dahulu sebelum melaksanakan shalat dan ayat ini juga menjelaskan adanya penekanan terhadap pentingnya berwudhu sebelum mengerjakan shalat. Wudhu adalah cara untuk umat muslim dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT, karena Allah sangat suka dengan orang-orang yang suci dan bersih. Wudhu merupakan karunia yang amat besar yang diberikan oleh Allah kepada umat muslim, di dalam wudhu memiliki keutamaan-keutamaan yang sangat besar. Wudhu bukan hanya dapat menyucikan diri, tetapi wudhu juga bisa memberikan kebaikan bagi diri dan menenangkan yang ada di dalam diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam
Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:48
Last Modified: 27 Oct 2021 04:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18190

Actions (login required)

View Item View Item