Pengaruh ethrel dan uji organoleptik terhadap degreening pada jeruk siam (Citrus nobillis) lokal untuk memporoleh hasil yang diminati konsumen.

Wendira, Maryati (2021) Pengaruh ethrel dan uji organoleptik terhadap degreening pada jeruk siam (Citrus nobillis) lokal untuk memporoleh hasil yang diminati konsumen. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (913kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tanaman jeruk menjadi tanaman buah yang banyak disukai masyarakat dan memiliki prospek untuk peluang usaha. Rasanya yang enak dan kaya akan kandungan vitamin C membuat buah jeruk sangat baik bagi tubuh. Buah jeruk berasal dari daratan India, Cina Selatan, Australia Utara. Namun, sekarang sudah tersebar luas di seluruh dunia. Di Indonesia sekitar 70 sampai dengan 80% jenis buah jeruk yang dikembangkan. Peningkatan jumlah penduduk menjadi salah satu faktor meningkatnya juga permintaan buah jeruk di Indonesia. Permintaan konsumen terhadap buah jeruk juga mengalami peningkatan karena masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya mengkonsumsi buah jeruk untuk kesehatan. Data di tahun 2010 tercatat Indonesia mengimpor jeruk dengan total mencapai 204.148 ton, lebih besar dibandingkan dengan total jeruk yang diekspor hanya sekitar 1.400 ton (Ramadhani, 2015). Jeruk memiliki banyak jenis, jeruk yang terdapat di Indonesia yaitu jeruk nipis, jeruk siam, jeruk purut, jeruk lemon, jeruk manis serta jeruk bali. Jenis jeruk yang banyak dikembangkan di Indonesia adalah jeruk siam. Jeruk siam banyak dikembangkan sebab tingginya permintaan dari konsumen untuk menyediakan stok pasar dalam maupun luar negeri. Hal ini menjadi salah satu pemicu dalam kurun waktu lima tahun terakhir produksi jeruk siam meningkat secara nasional di Indonesia. Namun, seiring meningkatnya permintaan terkadang membuat jeruk siam memiliki keadaan yang belum memenuhi standar mutu untuk buah ekspor. Faktor yang mempengaruhi hal ini ialah proses pengolahan yang dilakukan masih secara sederhana, dimulai dari menanam, proses pemeliharaan, kemudian pemanenan, dan sampai akhirnya penanganan pasca panen (Qomariah, 2013).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat
500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat > Biologi
Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Oct 2021 07:12
Last Modified: 27 Oct 2021 07:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18195

Actions (login required)

View Item View Item