PERUBAHAN DAN KESINAMBUNGAN TARI SADA SABAY DALAM MASYARAKAT SUKU KOMERING, KECAMATAN MARTAPURA, KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR

INDAH PEBRIYANTI, PENULIS and Dr. NOR HUDA, M. Ag., M.A, PEMBIMBING I and Dr. AMILDA, M. Hum, PEMBIMBING II (2021) PERUBAHAN DAN KESINAMBUNGAN TARI SADA SABAY DALAM MASYARAKAT SUKU KOMERING, KECAMATAN MARTAPURA, KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (73MB)

Abstract

Tari Sada Sabay merupakan salah satu tari khas Suku Komering khususnya suku Komering yang bermukim di Kecamatan Martapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur atau yang biasa dikenal OKU Timur. Kecamatan Martapura merupakan daerah dengan masyarakat yang bersuku majemuk, terdiri dari suku asli pribumi yakni suku Komering, Suku Jawa, Suku Ogan, Suku Sunda, Suku Padang, Suku Batak, dan beberapa masyarakat daerah tetangga seperti Palembang, Lampung Baturaja dan lain-lain. Kemajemukan suku tidak menjadikan kecamatan Martapura menjadi terpecah belah, dengan rasa toleransi yang tinggi yang dimiliki oleh masyarakatnya kemajemukan ini menjadikan daerah ini menjadi kaya akan budaya dan tradisi. Masyarakat Suku Komering memiliki tari khas yang hanya dilakukan pada pernikahan suku Komering yaitu Tari Sada Sabay. Tari yang diwariskan dari nenek moyang suku Komering ini mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan zaman, seperti akulturasi nilai-nilai Islam dengan budaya Komering yang ikut serta dalam pengaruh pelaksanaan Tari Sada Sabay, hingga fleksibelitas tari terhadap kemajuan teknologi seperti pada musik pengiring pada saat pelaksanaan pernikahan dan tarian. Faktor-faktor yang menyebabkan perubahan Tari Sada Sabay diantaranya ideologi agama masyarakatnya, kemajemukan masyarakat yang bertempat tinggal di lokasi lestarinya tarian, serta kondisi sosial ekonomi masyarakat dan bagaimana keikutsertaan masyarakat suku Komering agar Tari Sada Sabay tetap eksis seiring perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 80230 - Sejarah Peradaban Islam (S1)
Depositing User: Fakultas Adab
Date Deposited: 30 Oct 2021 16:16
Last Modified: 30 Oct 2021 16:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18219

Actions (login required)

View Item View Item