Peran Pendidikan Islam dapat Mengatasi Sikap Agresi Pecandu Narkoba

NURLAILA, NURLAILA (2021) Peran Pendidikan Islam dapat Mengatasi Sikap Agresi Pecandu Narkoba. Edukasi Islami; Jurnal Pendidikan Islam, 10 (02). ISSN 2252-8970

[img] Text
1364

Download (42kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pendidikan Islam dalam mengatasi sikap agresi pecandu narkoba. Metode yang digunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan kajian literatur, observasi, dan wawancara. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan Islam dapat mengatasi sikap agresi pecandu narkoba melalui mentoring pendidikan Islam dengan lima pilar program terapi, yaitu konsep kekeluargaan, tekanan teman sebaya, sesi terapi, sesi agama, dan keteladanan. Pada pilar kekeluargaan ditanamkan rasa kasih sayang, saling menasihati, dan memberi semangat. Tekanan teman sebaya diupayakan untuk melatih keaktifan, kemandirian dan kepemimpinan klien. Pada sesi terapi, sikap agresi ditanggulangi dengan membagi level klien sesuai data hasil tes dan wawancara masuk rehabilitasi, kemampuan beradaptasi dan mengikuti kegiatan terapi, dan data hasil perkembangan pemulihan. Pada sesi agama, sikap agresi dicegah melalui kegiatan-kegiatan tadarus Al-Quran, kuliah tujuh menit, tahfiz Qur’an, salat berjemaah, dan gotong-royong. Sesi keteladanan memberikan contoh yang baik pada setiap klien. Pelaksanaan lima pilar pemulihan menggunakan pendekatan konseling Islam.

Item Type: Article
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (Umum)
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:58
Last Modified: 02 Nov 2021 07:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18240

Actions (login required)

View Item View Item