PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH, ISTISHNA, IJARAH, MUDHARABAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

IDRIS, MUHAMMAD (2021) PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH, ISTISHNA, IJARAH, MUDHARABAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan kinerja suatu bank dapat dilihat dari tingkat profitabilitas nya. Usaha yang dijalankan perbankan untuk mendapatkan laba dapat melalui penyaluran pembiayaan. Penelitian ini mencoba mengeksplorasi efektivitas dan efisiensi perbankan dalam meningkatkan profitabilitasnya melalui mekanisme penyaluran pembiayaan yang tepat. Metode analisis yang digunakan melalui tahapan uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan uji t, uji f dan uji R2 yang dibantu dengan aplikasi Eviews sebagai alat pengolah data. Hasil penelitian menemukan bahwa pembiayaan Murabahah merupakan mekanisme pembiayaan dengan profitabilitas tertinggi bagi perbankan dan disusul Mudharabah sedangkan pembiayaan Musyarakah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas. Pembiayaan Istishna berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA dan tidak berpengaruh terhadap ROE. Temuan lain menunjukkan bahwa pembiayaan Ijarah tidak berkontribusi terhadap profitabilitas perbankan. Kata Kunci: Murabahah, Istishna, Ijarah, Mudharabah, Musyarakah, Profitabilitas ROA dan ROE.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi
Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Nov 2021 02:52
Last Modified: 04 Nov 2021 02:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18272

Actions (login required)

View Item View Item