TINGKAT LITERASI POLITIK MAHASISWA TERHADAP KEBIJAKAN OMNIBUS LAW (STUDI KASUS : PADA MAHASISWA PRODI POLITIK ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG ANGKATAN 2017-2020)

Boma Pratama, Penulis and Dr. M Syawaluddin, Pembimbing 1 and Muhammad Sirajuddin Fikri, Pembimbing 2 (2021) TINGKAT LITERASI POLITIK MAHASISWA TERHADAP KEBIJAKAN OMNIBUS LAW (STUDI KASUS : PADA MAHASISWA PRODI POLITIK ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG ANGKATAN 2017-2020). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tingkat Literasi Politik merupakan tingkat kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca, menulis, dan memahami sesuatu. Jika dulu definisi literasi adalah kemampuan membaca dan menulis. Saat ini, istilah Literasi sudah mulai digunakan dalam arti yang lebih. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa jauh tingkat literasi politik Mahasiswa program studi Politik Islam terhadap kebijakan Omnibus Law. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah para mahasiswa prodi Politik Islam angkatan 2017-2020 yang masih aktif di Fakultas Adab Dan Humaniora. Mahasiswa program studi Politik Islam angkatan 2017-2020 sendiri dipilih karena keempat angkatan itulah yang berperan aktif mengikuti aksi menentang kebijakan Omnibus Law pada Oktober 2020 lalu. Variabel yang dicari pada penelitian ini adalah tingkat literasi politik Mahasiswa terhadap kebijakan Omnibus Law. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional sampling dengan kriteria yang telah ditentukan. Setelah dilakukan penghitungan menggunakan rumus slovin, diperoleh jumlah sempel sebanyak 68 Mahasiswa dari 4 angkatan program studi Politik Islam yang ada di Fakultas Adab Dan Humaniora. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah memakai penyebaran kuesioner yang dilakukan via online Google Form pada angkatan 2017-2020. Hasil penelitian yang dilakukan serta penghitungan yang telah diselesaikan menunjukkan bahwasanya tingkat literasi politik Mahasiswa Prodi Politik Islam terhadap kebijakan Omnibus Law adalah tergolong tinggi yaitu dengan pencapaian 80%, ini terbukti dari hasil kuesioner yang telah disebar secara acak pada angkatan 2017-2020 menunjukkan pemahaman yang tinggi dari masing-masing angkatan nya, yang kemudian dilakukan penghitungan data melalui Microsoft Excel. Kata Kunci : Tingkat Literasi, Politik, Mahasiswa, Kebijakan, Omnibus Law.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Adab dan Humaniora > Politik Islam
Depositing User: Fakultas Adab
Date Deposited: 05 Nov 2021 03:11
Last Modified: 05 Nov 2021 03:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18284

Actions (login required)

View Item View Item