PENERAPAN LAYANAN HOME VISIT PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 13 SUMBER MARGA TELANG DESA SUMBERJAYA

FITRI YANI, FITRI YANI (2021) PENERAPAN LAYANAN HOME VISIT PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 13 SUMBER MARGA TELANG DESA SUMBERJAYA. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Adanya pandemi covid-19 di Indonesia memberikan dampak pada seluruh bidang termasuk pendidikan. Sebagai salah satu cara pencegahan penularan Covid19 pada bidang pendidikan khususnya, maka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia telah menerbitkan surat edaran No. 4 Tahun 2020, mengenai pelaksanaan pembelajaran di masa darurat Covid-19 yang menjelaskan tentang proses belajar yang dialihkan ke rumah atau lebih dikenal dengan istilah belajar daring. Banyaknya permasalahan yang ditimbulkan akibat pembelajaran daring sehingga dilaksanakan sistem pembalajaran secara luring yakni berupa layanan home visit pembelajaran yang diterapkan sebagai upaya dalam menyelesaikan permasalahan belajar daring siswa pada masa pandemi sekarang ini dan tetap memberikan pendidikan secara langsung namun tetap dengan membatasi perkumpulan dan menjaga protokol kesehatan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis dengan dengan menggunakan model penelitian dari Miles dan Huberman yakni dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan layanan home visit pembelajaran di SDN 13 Sumber Marga Telang berjalan dengan baik dengan dilakukan beberapa tahapan yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan layananan home visit pembelajaran, tahap monitoring dan evaluasi, tahap tindak lanjut dan yang terakhir tahap laporan. 2) Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan home visit pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di SDN 13 Sumber Marga Telang meliputi meliputi kendala atau hambatan dalam perencanaan, kendala dalam pelaksanaan, kendala ketika melakukan monitoring dan evaluasi, kendala ketika melakukan tindak lanjut serta kendala dalam proses laporan. Kata Kunci: Home Visit Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Aspek sosial dari pendidikan
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Hal-hal umum tentang pendidikan > Metode mengajar dan belajar > Alat peraga dalam pengajaran termasuk penggunaan komputer
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Nov 2021 02:56
Last Modified: 09 Nov 2021 02:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18304

Actions (login required)

View Item View Item