TAGHOYYUROT AL ASHWATUL FUSHA ILAL LAHJATI AL IMARATIYAH FII KALIMATI AGHNIYA BOSHREIT KHEIR WA AHEBBAK WA MA NASITAK LI HUSAIN AL JASSMI AT TAHLILIYAH AL FUNULUJIYA

Shindiyana, Penulis and Dolla Shobari, M.Ag, Pembimbing 1 and Faqihul Anam, M.Hum, Pembimbing 2 (2021) TAGHOYYUROT AL ASHWATUL FUSHA ILAL LAHJATI AL IMARATIYAH FII KALIMATI AGHNIYA BOSHREIT KHEIR WA AHEBBAK WA MA NASITAK LI HUSAIN AL JASSMI AT TAHLILIYAH AL FUNULUJIYA. Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Other
file skripsi bebas pustaka

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas perubahan bunyi bahasa Arab Fusha (AF) ke dialek Amiyah Emirat Arab (AEA) dalam lirik lagu Boshreit Kheir, Ahebbak dan Ma Nasitak yang dipopulerkan oleh Husain al-Jassmi. Penelitian ini bertujuan menemukan tipe-tipe perubahan bunyi dan menjelaskan pola-pola dari setiap tipe perubahan bunyi yang ditemukan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori perubahan bunyi Crowley. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode simak dan teknik catat, kemudian data-data tersebut dianalisis menggunakan metode padan dan teknik hubung banding intralingual. Hasil penelitian menemukan 2 (dua) tipe perubahan bunyi yang ditemukan baik konsonan maupun vokal. Perubahan bunyi konsonan ditemukan tipe pelemahan bunyi konsonan berupa reduksi konsonan rangkap dan penguatan bunyi konsonan. Begitu juga dengan perubahan bunyi vokal ditemukan tipe pelemahan bunyi berupa pelemahan bunyi dan penghilangan vokal di tengah kata serta penguatan bunyi vokal. Proses perubahan bunyi dari setiap data secara jelas dapat diketahui dengan melihat pola/kaidah yang ditampilkan pada setiap data yang ditemukan. Kata Kunci : Perubahan bunyi, Arab Fusha, Dialek Emirat Arab, Tipe Perubahan Bunyi Crowley.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Fakultas Adab
Date Deposited: 09 Nov 2021 06:27
Last Modified: 12 Nov 2021 01:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18314

Actions (login required)

View Item View Item