PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MI AHLIYAH 4 PALEMBANG

WULANDARI, ANDINI TRI (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MI AHLIYAH 4 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar matematika siswa kelas V di MI Ahliyah IV Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA MI Ahliyah IV Palembang yang berjumlah 15 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji-T dengan bantuan SPSS dengan hasil sebagai berikut. Minat belajar matematika siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada 15 siswa dengan persentase TSR menunjukkan bahwa 7 siswa mendapatkan skor rendah dengan persentase 46,6%, 5 siswa mendapatkan skor sedang dengan persentase 33,3%, dan 3 siswa mendapat skor tinggi dengan persentase 20%. Dari persentase tersebut dapat dikatakan bahwa minat belajar matematika siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terbilang rendah. Sedangkan minat belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada 15 siswa dengan persentase TSR menunjukkan bahwa sebanyak 0 siswa mendapatkan skor rendah dengan persentase 0%, 8 siswa mendapatkan skor sedang dengan persentase 53,33%, dan 7 siswa mendapat skot tinggi dengan persentase 46,66%. Hal ini berarti penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat dikategorikan baik. Pengaruh penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar matematika siswa kelas V MI Ahliyah IV Palembang, dapat dilihat dari perhitungan data dengan menggunakan SPSS dimana nilai Asymp.Sig (2 tailed) bernilai 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) terhadap minat belajar matematika siswa kelas V MI Ahliyah IV Palembang. Kata Kunci : Minat belajar, Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:05
Last Modified: 19 Nov 2021 07:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18356

Actions (login required)

View Item View Item