INOVASI PEMBANGUNAN DESA DALAM PERSPEKTIF POLITIK PEMBANGUNAN (STUDI PADA DESA WISATA ULAK PANDAN MERAPI BARAT KABUPATEN LAHAT SUMSEL)

Trius, Jujun (2021) INOVASI PEMBANGUNAN DESA DALAM PERSPEKTIF POLITIK PEMBANGUNAN (STUDI PADA DESA WISATA ULAK PANDAN MERAPI BARAT KABUPATEN LAHAT SUMSEL). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
JUJUN TRIUS.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang inovasi pembangunan desa wisata Ulak Pandan Merapi Barat Lahat dalam Perspektif Politik Pembangunan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana inovasi pembangunan desa wisata Ulak Pandan Merapi Barat Lahat dalam Perspektif Politik Pembangunan dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat inovasi pembangunan tersebut. Objek dalam penelitian ini yaitu desa wisata Ulak Pandan. Teori yang digunakan adalah teori kekuasaan yang bersumber dari pandangan Foucalt. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala desa Ulak Pandan, masyarakat setempat, pemangku adat desa dan remaja karang taruna desa Ulak Pandan. Data dikumpulkan dan di analisa melalui dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi pembangunan desa Ulak Pandan dari aspek pembangunan ekonomi, aspek pembangunan fisik dan sosial, aspek pembangunan lingkungan, dan aspek pembangunan kelembagaan sudah baik. Selanjutnya jika dilihat dari Teori kekuasaan yang bersumber dari pandangan Foucalt yaitu diskusus (discourse), kekuasaan (power), dan pengetahuan (knowledge) pemerintah desa Ulak Pandan telah berjalan sesuai dengan teori tersebut. Faktor pendukung inovasi pembangunan desa wisata Ulak Pandan, ada dua yaitu (1) variabel politik pembangunan: adanya aktor-aktor pembangunan, adanya kekuasan, adanya sistem, adanya ideologi, intervensi asing. (2) motif politik pembangunan: motif kekuasaan, motif identitas, motif aktualisasi. Sedangkan faktor penghambat inovasi pembangunan desa wisata Ulak Pandan dalam perpektif politik pembangunan ada tiga yaitu (1) adanya kepentingan kelompok, (2) lemahnya sumber daya manusia, (3) pengaruh kenakalan remaja

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:05
Last Modified: 19 Nov 2021 07:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18368

Actions (login required)

View Item View Item