Pengaruh Online Shop Terhadap Konsep Diri Remaja (Studi Kasus Siswa Kelas 10 SMA Negeri 13 Palembang)

Hidayat, M. Taufik (2021) Pengaruh Online Shop Terhadap Konsep Diri Remaja (Studi Kasus Siswa Kelas 10 SMA Negeri 13 Palembang). Pengaruh Online Shop Terhadap Konsep Diri Remaja (Studi Kasus Siswa Kelas 10 SMA Negeri 13 Palembang).

[img]
Preview
Text
Jurnal M.Taufik Hidayat.pdf

Download (916kB) | Preview

Abstract

Online shop saat ini sedang digemari oleh masyarakat, dari kalangan tua sampai generasi muda. Generasi muda saat ini cenderung lebih banyak meghabiskan waktu mereka untuk menggunakan dunia maya, dimana mereka suka mencoba berbagai hal baru termasuk mencari produk online shop. Hal tersebut saat ini juga sudah merambah kalangan siswa – siswi SMA Negeri 13 Palembang. Mereka lebih tertarik dengan produk online shop, karena kemudahan yang ditawarkan sesuai dengan keinginan mereka yang suka melakukan berbagai hal dengan mudah dan cepat. Penelitian ini mengkaji pengaruh online shop terhadap konsep diri remaja di SMA Negeri 13 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, teknis analisis data menggunakan analisis normalitas, reabilitas, dan analisis regresi linear sederhana berdistribusi normal, serta survey dan kuesioner penelitian ini menggunakan teori uses and gratification. Berdasarkan hasil analisis, hasil perhitungan regresi linear sederhana berupa Y = 8,417 + 0,569X yang artinya apabila X (pengaruh online shop) mengalami kenaikan maka Y (konsep diri remaja) juga akan naik. Hasil uji regresi juga menunjukkan bahwa nilai 0,305 > 0,05 (5%), artinya terdapat pengaruh online shop terhadap konsep diri remaja pada siswa SMA Negeri 13 Palembang. Adapun penyebab lainnya pada siswa - siswi SMA Negeri 13 Palembang bahwa online shop lebih efisien dalam waktu. strategi pemasarannya disajikan melalui iklan, serta banyaknya tawaran yang diberikan menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Selain itu faktor yang mempengaruhi konsep diri remaja kelas 10 SMA Negeri 13 Palembang adalah faktor sosial, faktor psikologi, dan faktor iklan, sebagai penentuan dalam pengambilan keputusan atau mencari informasi tentang suatu barang untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam produk online shop.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 70201 - Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:05
Last Modified: 24 Feb 2023 02:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18376

Actions (login required)

View Item View Item