IMPLEMENTASI PEMBACAAN DZIKIR AL-MA’TSURAT DALAM MEMBANGUN KARAKTER PRESTATIF : Studi Pada Klien M Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Fatah Palembang.

ASTUTI, HESTI PUJI (2021) IMPLEMENTASI PEMBACAAN DZIKIR AL-MA’TSURAT DALAM MEMBANGUN KARAKTER PRESTATIF : Studi Pada Klien M Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Fatah Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian.,ini berjudulx‘Implementasi Pembacaan Dzikir Al-Ma’tsurat dalam Membangun Karakter Prestatif (Studi Pada Klien M Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Fatah Palembang)’. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kasus yang dimiliki klien M seperti cenderung malas dan tidak disiplin. Karakter itu diterapkannya di lingkungan Ma’had, seperti sering terlambat dalam mengikuti kegiatan-kegiatan Ma’had. Tujuan dari penelitian ini bahwa untuk mengetahui bagaimana gambaran karakter yang dimiliki klien M sebelum dan sesudah menerapkan pembacaan Dzikir Al-Ma’tsurat dan bagaimana penerapan pembacaan Dzikir Al-Ma’tsurat dalam membangun karakter prestatif pada klien M Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Fatah Palembang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus..,Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mempermudah dalam memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik perjodohan pola, pembuatan eksplanasi, dan analisis deret waktu.iSubjekxpenelitianiini yaitu pihak Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Fatah Palembang yang terdiri dari Mudir Ma’had, Mudabbiroh Ma’had serta teman dekat Ma’had dan yang menjadi objeknya adalah klien M Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Fatah Palembang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa melalui aktivitas Dzikir Al-Ma’tsurat dapat membangun karakter keperibadian yang lebih baik. Semakin kuatnya Dzikir yang diterapkan oleh klien M dengan menggunakan kaedah yang betul mengikuti panduan Al-Qur’an dan Hadis, serta dalam bimbingan mudabbiroh atau ustadzah ma’had, maka akan semangkin banyak manfaat yang akan diperoleh dari Dzikir Al-Ma’tsurat. Secara ruhani dan jasmani menjadi lebih sehat, pikiran menjadi lebih cerdas dan jiwa menjadi tenang. Metode berdzikir atau bertafakur, semua masalah duniawi bergantung kepada Allah yang mengatasi segalagalanya. Kata Kunci: Implementasi, Dzikir Al-Ma’tsurat, Karakter Prestatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Hal-hal umum tentang pendidikan > Bimbingan dan penyuluhan
Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:28
Last Modified: 30 Nov 2021 03:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18583

Actions (login required)

View Item View Item