Pengaruh Teknik Pembelajaran Ice Breaking Jenis Games Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Lumpatan

SARI, WULAN (2021) Pengaruh Teknik Pembelajaran Ice Breaking Jenis Games Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Lumpatan. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1-1.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB V1-1.docx

Download (18kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar Matematika siswa di kelas IV di SDN 3 Lumpatan pada kelas yang diterapkan teknik pembelajaran ice breaking jenis games maupun pada kelas yang tidak diterapkan teknik pembelajaran ice breaking jenis games. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh teknik pembelajaran ice breaking jenis games. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 3 Lumpatan yang berjumlah 24 orang. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Uji hipotesa dalam penelitian ini menggunakan uji-t dengan bantuan spss dengan hasil sebagai berikut. Minat belajar siswa pada kelas yang diterapkan teknik pembelajaran ice breaking jenis games pada sampel 12 orang siswa dengan persentase TSR, menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai tertinggi sebanyak 6 orang dengan persentase 66,6%, yang mendapat nilai sedang sebanyak 2 orang dengan persentase 16,7%, dan 2 orang yang mendapat nilai rendah dengan persentase 16,7%. Pada kelas yang diterapkan teknik pembelajaran ice breaking jenis games mayoritas siswa mendapatkan nilai tinggi. Hal ini berarti penggunaan teknik pembelajaran ice breaking jenis games dikategorikan baik. Sedangkan minat belajar pada kelas yang tidak diterapkan teknik pembelajaran ice breaking jenis games pada sampel 12 orang siswa dengan persentase TSR, menunjukkan bahwa sebanyak 3 orang siswa dikategorikan mendapat nilai tinggi dengan persentase 25%, 3 orang mendapat nilai sedang dengan persentase 25%, dan 6 orang siswa mendapat nilai rendah dengan pesentase 50%. Dari persentase tersebut dapat diketahui bahwa pada kelas yang tidak diterapkan teknik pembelajaran ice breaking jenis games minat belajar Matetamatika dominan rendah. Pengaruh antara teknik pembelajaran ice breaking jenis games terhadap minat belajar Matematika siswa kelas IV di SDN 3 Lumpatan, dapat dilihat dari perhitungan data menggunakan UJi SPSS 22 dimana nilai Asymp.Sig.(2-tailed) bernilai 0,000 lebih kecil dari <0,05. Dengan demikian maka dapat disimpulkan Ha diterima. Artinya ada pengaruh teknik pembelajaran ice breaking jenis games terhadap minat belajar Matematika siswa kelas IV SDN 3 Lumpatan”. Kata Kunci: Minat Belajar, Teknik Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Teknik Pembelajaran
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 03 Dec 2021 06:22
Last Modified: 03 Dec 2021 06:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18672

Actions (login required)

View Item View Item