PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN SISWA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV MI HIJRIYAH II PALEMBANG

ANGGELA, AMELDA (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN SISWA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV MI HIJRIYAH II PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB V.docx

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1 ANGGEL.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan model problem based learning dan hubungan dengan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Hijriyah II Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keaktifan siswa sesudah diterapkan model problem based learning pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI Hijriyah II Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Pertama, bagaimana keaktifan siswa kelas IV sebelum diterapkan model problem based learning pada mata pelajaran IPA di MI Hijriyah II Palembang? Kedua, Bagaimana kektifan siswa kelas IV yang telah diterapkan model problem based learning pada mata pelajaran IPA di MI Hijriyah II Palembang? Ketiga, Bagaimana pengaruh penerapan model problem based learning pada mata pelajaran IPA terhadap keaktifan siswa kelas IV di MI Hijriyah II Palembang? Metodologi penelitian pada skripsi ini menggunakan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah true eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest-only control design. Adapun sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan menerapkan model problem based learning, sedangkan kelas kontrol tidak menerapkan model problem based learning. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengambil data keaktifan siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan tes. Teknik pengolahan data dengan menggunakan statistik tes t. Hasil penelitian diperoleh temuan sebagai berikut. Pertama, keaktifan siswa yang diterapkan model problem based learning mendapatkan rata-rata persentase sebesar 80,27%, sedangkan persentase keaktifan siswa yang memperoleh kategori sangat aktif terdapat 22 orang siswa (58%), kategori aktif terdapat 13 orang siswa (34%), kategori kurang aktif terdapat 3 orang siswa (8%), dan kategori sangat kurang aktif tidak ada siswa (0%). Kedua, keaktifan siswa yang tidak diterapkan model problem based learning mendapatkan rata-rata persentase sebesar 69,22%, sedangkan persentase keaktifan siswa yang memperoleh kategori sangat aktifxiv xiv terdapat 9 orang siswa (24%), kategori aktif terdapat 19 orang siswa (50%), kategori kurang aktif terdapat 10 orang siswa (26%), dan kategori sangat kurang aktif tidak ada siswa (0%). Ketiga, penerapan problem based learning berpengaruh terhadap keaktifan siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dalam pembelajaran IPA mempunyai pengaruh terhadap keaktifan siswa kelas IV MI Hijriyah II Palembang yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Kata - kata kunci penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, model problem based Learning. Kedua, Keaktifan siswa. Ketiga, mata pelajaran IPA seolah dasar atau madrasah ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: model problem based Learning Keaktifan siswa mata pelajaran IPA seolah dasar atau madrasah ibtidaiyah.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 03 Dec 2021 06:22
Last Modified: 03 Dec 2021 06:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18675

Actions (login required)

View Item View Item