PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA KELAS XI MAN 3 PALEMBANG

Susanti, Dwi (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA KELAS XI MAN 3 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
b079d692267ff32bc96fb934932a1de2.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran video animasi merupakan media yang menggabungkan antara media audio dan media visual untuk menarik perhatian peserta didik sehingga cocok apabila dijadikan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran video animasi yang valid dan praktis pada materi sistem ekskresi kelas XI di MAN 3 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dimodifikasi dari model pengembangan jenis 4D (define, design, develop, disseminate) yang memiliki 4 tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Metode 4D ini dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel dan Melvin. Validasi media dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Tahap yang dipakai hanya sampai pada tahap pengembangan saja. Media yang dikembangkan telah dinilai oleh guru dan telah diuji coba oleh 20 peserta didik kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 di MAN 3 Palembang untuk mengetahui tingkat kepraktisan media yang dikembangkan. Hasil validasi media video animasi mendapatkan nilai 3,7 dengan persentase 92% dengan kategori “sangat valid”. Sedangkan hasil dari segi praktikalitas media video animasi mendapatkan nilai 3,8 dengan persentase 95% dengan kategori “sangat praktis”. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media video animasi yang dikembangkan sangat layak dan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran khususnya pada materi sistem ekskresi dikelas XI MAN 3 Palembang. Kata kunci : Media Pembelajaran, Pengembangan Media, Pemecahan Masalah, Sistem Ekskresi, Video Animasi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat > Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:48
Last Modified: 07 Dec 2021 04:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18718

Actions (login required)

View Item View Item