KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN PASANGAN PRAKTIK PENGULANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PESERTA DIDIK DI MTS AISYIYAH 1 PALEMBANG

HADI, ZHAHIR (2021) KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN PASANGAN PRAKTIK PENGULANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PESERTA DIDIK DI MTS AISYIYAH 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan dengan terencana dalam mewujudkan suasana belajar yang membuat peserta didik menjadi aktif dalam mengembangkan potensi pada dirinya agar memeroleh kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang dibutuhkannya. Untuk mendukung hal tersebut, salah satu upaya yang peneliti sarankan yakni melalui strategi pasangan praktik pengulangan dalam pembelajaran membaca Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam Membaca Al-Quran serta lebih menghidupkan suasana belajar dengan strategi yang bersifat praktik. Jenis penelitian yang digunakan yakni jenis penelitian nonequivalent control group design. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan metode tes, dokumentasi, dan rubrik penilaian. Teknik analisis data dengan cara analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh dari penerapan strategi pasangan praktik pengulangan di MTs Aisyiyah 1 Palembang yakni kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik termasuk dalam kategori tinggi dilihat dari hasil pre-test dan post-test yang mengalamipeningkatan. Nilai rata-rata peningkatan kemampuan membaca AlQur’an yang tidak menggunakan strategi pasangan praktik pengulangan berdasarkan uji gain yaitu 34,15 dengan standar deviasi 8,654. Setelah penerapan strategi pasangan praktik pengulangan diperoleh nilai rata-rata peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an adalah 42,20 dengan standar deviasi 9,286. Hasil ini memberikan kesimpulan bahwa sudah terjadi peningkatan kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an setelah menerapkan strategi pasangan praktik pengulangan. Kata Kunci: Strategi, Pasangan Praktik Pengulangan, Kemampuan Membaca AlQuran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pasangan Praktik Pengulangan Kemampuan Membaca AlQuran
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 09 Dec 2021 06:00
Last Modified: 09 Dec 2021 06:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18735

Actions (login required)

View Item View Item