EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MEDIA SOSIAL FACEBOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS ISLAMIYAH BUMI AGUNG

HAQI, MUHAMMAD FAISAL (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MEDIA SOSIAL FACEBOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS ISLAMIYAH BUMI AGUNG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Penyebaran virus Covid-19 mengakibatkan perubahan cara belajar mengajar yang sebelumnya dilakukan dengan tatap muka diganti dengan pembelajaran daring. Pemilihan media untuk digunakan dalam proses pembelajaran daring merupakan hal yang penting. Facebook merupakan salah satu platform media sosial yang dapat digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan materi pelajaran pada saat pembelajarna daring berlangsung. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media sosial facebook pada saat pembelajaran daring untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Islamiyah Bumi Agung. Penelitian ini dilakukan di MTs Islamiyah Bumi Agung dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan bantuan metode eksperimen menggunakan desain true experimental design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan instrumen tes yang hasilnya diperoleh dari siswa MTs Islamiyah Bumi Agung. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen yang diajar menggunakan media sosial facebook sebesar 82,64 dan kelas kontrol yang tidak di ajar menggunakan media sosial facebook sebesar 70. Selanjutya berdasarkan hasil analisis statistik dengan menggunakan uji-t memperoleh hasil Thitung sebesar 3,538 dan Ttab sebesar1,761 pada taraf signifikan 5% dan Ttab sebesar 2,602 pada taraf signifikan 1% sehingga Ttab(1%) < Thitung > Ttab(5%) . Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih yang signifikan antara siswa yang di ajar menggunakan media sosial facebook dan tidak di ajar menggunakan media sosial facebook. Kata Kunci: Facebook, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Facebook Pembelajaran Daring Hasil Belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 14 Dec 2021 01:10
Last Modified: 14 Dec 2021 01:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18770

Actions (login required)

View Item View Item