HUBUNGAN MOTIVASI INTRINSIK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS VIII MTS. N 1 JAKABARING PALEMBANG

BASYID, NUR MUHAMMAD (2021) HUBUNGAN MOTIVASI INTRINSIK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS VIII MTS. N 1 JAKABARING PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Motivasi Intrinsik merupakan keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kesadaran akan perlunya belajar, kesadaran yang dapat membangkitkan semangat bagi seseorang untuk melaksanakan kegiatan belajar, Motivasi mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembelajaran, dikarenakan motivasi yang kuat akan mengubah bagus nya prestasi belajar, orang yang memiliki motivasi intrinsik akan belajar meski tidak ada dukungan dan semangat dari siapapun.Mata pelajaran Fiqih adalah salah satu usaha untuk membina agar senantiasa dapat mengamalkan berbagai macam ajaran islam Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana hubungan motivasi intrinsik siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas VIII MTs. N 1 Jakabaring Palembang, adakah hubungan motivasi intrinsik dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Fiqih di kelas VIII MTs. N 1 Jakabaring Palembang.Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif menggunakan teknikanalisa statistik sederhana yaitu menggunakan rumus presentasedan teknik analisis product moment.Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 180 siswa. Teknik pengampilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik Random Sampling, berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian ini bisa dilihat dari analisis data yaitu nilai korelasi perhitungan rxy sebesar 0,40 angka indeks korelasi yang diperoleh tidak bertanda negatif, dapat dikatakan terdapat hubungan yang signifikan antara variabel x dan variabel y.Berdasarkan perhitungan di atas, α = 0,05 dan n = 27, uji satu pihak;Dk = n – 2 = 27 – 2 = 25 sehingga diperoleh ttabel = 1,708, Ternyata thitung > ttabel yaitu 3,89 > 1,078, maka H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Motivasi Intrinsik dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih di Kelas VIII MTs. N 1 Jakabaring Palembang. Keywords: Motivasi Intrinsik, Prestasi Belajar, Fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Intrinsik Prestasi Belajar Fiqih
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 14 Dec 2021 04:14
Last Modified: 14 Dec 2021 04:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18794

Actions (login required)

View Item View Item