IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN GUNA MENUNJANG PEMBANGUNAN EKONOMI (ANALISIS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM BIDANG EKONOMI MELALUI JURNAL)

FAUZIAH, NURIDA (2021) IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN GUNA MENUNJANG PEMBANGUNAN EKONOMI (ANALISIS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM BIDANG EKONOMI MELALUI JURNAL). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BSTRAK.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan terhadap kaum perempuan merupakan salah satu cara dan upaya yang strategis dalam meningkatkan potensi perempuan agar perempuan mampu memperbaiki status dan perannya dilingkungan masyarakat.Yang Menjadi latar belakang penelitian ini adalahadanya pembagian kerja secara seksual antara laki-laki dan perempuan di masyarakat yang menyebabkanketerwakilan perempuan masih rendah secara kuantitatif dalam bidang pembangunan ekonomi karenakurangnya kesempatan bagi perempuan untuk mengembangkan kemampuannya. Agar pembahasan tidak terlalu luas, maka batasan masalah dalam penelitian ini adalah hanya mencakup mengenai tahap pelaksanaan pemberdayaan terhadap kaum perempuan yang tinggal di desa, pesisir pantai, rumah susun, dan perempuan korban perdagangan manusia untuk mengoptimalkan potensi diri agar mampu berkontribusi dalam menunjang pembangunan ekonomi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pemberdayaan perempuan dalam menunjang pembangunan ekonomi, mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pemberdayaan perempuan dalam menunjang pembangunan ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka dengan menggunakan jurnal-jurnal sebagai sumber referensi yang kemudian di analisis untuk membentuk suatu gambaran yang kompleks dengan meneliti kata-kata, data dan infromasi terperinci, serta melakukan pemahaman terhadap situasi yang alami. Data yang digunakan bersifat primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari penelitian pustaka, pengamatan, dan mengakses situs internet. Sedangkan teknik yang penulis gunakan dalam analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa ada potensi yang dimiliki oleh kaum perempuan sehingga mereka mampu berkontribusi dalam bidang pembangunan ekonomi melalui kegiatan-kegiatan ekonomi, seperti industri kreatif dan industri rumahan.Setiap tahapan pemberdayaan memiliki peran yang sangat penting dalam upaya pemberdayaan. Agar metode pemberdayaan yang diterapkan dapat efektif, maka perlu dipahami terlebih dahulu kondisi sasaran pemberdayaan lalu memilih metode yang dianggap paling tepat untuk melaksanakan pemberdayaan agar tujuan dan manfaat pemberdayaan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pemberdayaan Perempuan, Menunjang, Pembangunan ekonomi.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Dec 2021 04:25
Last Modified: 14 Dec 2021 04:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18798

Actions (login required)

View Item View Item