Implementasi Program 17 Mengajar Community Service SMA Plus Negeri 17 Palembang Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Peserta Didik

Tanti Andriyani, Penulis and Bety, S.Ag.,M.A, Dosen pembimbing 1 and Misroni, S.Pd.I., M.Hum, PEMBIMBING 2 (2021) Implementasi Program 17 Mengajar Community Service SMA Plus Negeri 17 Palembang Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Peserta Didik. Other thesis, UIN RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANTI Andriyani .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama: Tanti Andriyani NIM: 1654400105 Fakultas: Adab dan Humaniora ProgramStudi/ Tahun: Ilmu Perpustakaan/ 2021 Judul: Implementasi Program 17 Mengajar Community Service Sma Plus Negeri 17 Palembang Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Peserta Didik xx+ 85 h+ lampiran Peneltian ini membahas mengenai implementasi program 17 mengajar community service dalam menumbuhkan budaya literasi peserta didik pada program 17 mengajar community service di SMA Plus Negeri 17 Palembang. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan kendala yang dihadapi pada pelaksanaan program 17 mengajar community service dalam menumbuhkan budaya literasi peserta didik sekolah dasar, karena dengan mengetahui hal ini diharapkan agar budaya literasi dapat tertumbuh kepada peserta didik dari dini. Jenis penelitian yang digunakna dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang mana teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, dokumentasi, serta wawancara mendalam yang dilaksanakan bersama 2 staff pegnelola perpustakaan dan 3 orang siswa/I kelas X. Teknik analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program 17 mengajar community service cukup optimal dalam menumbuhkan budaya literasi peserta didik, karena program 17 mengajar community service dapat menjadikan siswa/I SMA Plus Negeri 17 Palembang mengembangkan kepedulian dan mewujudkan knowledge sharing antar peserta didik sehingga dapat menghasilkan output yang bermanfaat kepada peserta didik, yang mana dengan adanya program tersebut peserta didik dapat mengembangkan kreatifitas dan inovasi serta bakat yang dimiliki, serta membangun interaksi sosial dan menumbuh kembangkan budaya literasi di sekolah. Disamping itu melalui program 17 mengajar community service dapat mengedukasi peserta didik tentang pentingnya meningkatkan budaya literasi dan pentingnya pemanfaatan perpustakaan dalam kegiatan proses belajar mengajar dalam memajukan perkembangkan dunia pendidikan dasar. Adapun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program 17 mengajar community service SMA Plus Negeri 17 Palembang yakni jadwal pelajaran dan kegiatan lain yang padat sehingga terbatasnya waktu dalam kegiatan pelatihan, dan terbatasnya kegiatan interaksi sosial dan berkomunikasi siswa/I SMA Plus Negeri 17 Palembang. Kata Kunci: Budaya Literasi, Program Sekolah, Perpustakaan Sekolah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Fakultas Adab
Date Deposited: 14 Dec 2021 06:49
Last Modified: 14 Dec 2021 06:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18800

Actions (login required)

View Item View Item