EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) TERHADAP PENGENTASAN KEMISKINAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Peserta PKH Di Desa Pulau Betung Kecamatan Pampangan)

Amelia, Mesi (2021) EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) TERHADAP PENGENTASAN KEMISKINAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Peserta PKH Di Desa Pulau Betung Kecamatan Pampangan). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Kemiskinan merupakan permasalahan yang terjadi disetiap Negara terutama di Negara berkembang seperti Indonesia. Berbagai kebijakan telah diambil pemerintah untuk menyelesaikan masalah kemiskinan, salah satunya melalui pemberdayaan keluarga miskin, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH) yang dimulai pada tahun 2007 sampai saat ini. Program Keluarga Harapan (PKH) ialah pengembangan dari sistem perlindungan sosial yang bertujuan meringankan dan membantu keluarga miskin dalam hal mendapatkan akses fasilitas pelayanan kesehatan dan Pendidikan dengan harapan program ini dapat mengurangi kemiskinan. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, Lokasi Penelitian adalah Desa Pulau Betung Kecamatan Pampangan dengan pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menentukan informan menggunakan metode purposive sampling. Sumber datanya meliputi data primer dan data sekunder. Yang menjadi focus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap pengentasan kemiskinan di Desa Pulau Betung dalam perspektif Ekonomi Islam dengan pengukuran variabel efektivitas yakni ketepatan sasaran, ketepatan jumlah, ketepatan waktu dan ketepatan penggunaan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Pulau betung dimulai sejak tahun 2011 hingga sekarang dengan tujuan untuk mengentaskan kemiskinan dapat dikatakan belum berorientasi secara maksimal, hal ini berdasarkan hasil penelitian dengan pengukuran empat variabel efektivitas dengan persentase 57,5%, PKH dapat dikatakan belum secara maksimal pada sisi sasaran, penggunaan dan waktu. Pengukuran efektivitas PKH hanya tepat secara maksimal pada jumlah dana yang diterima perserta. Program Keluarga Harapan (PKH) dalam perspektif ekonomi Islam dengan melihat nilainilai ekonomi Islam yaitu keadilan, tanggung jawab dan jaminan sosial. PKH di Desa pulau betung belum sampai pada nilai keadilan dan tanggung jawab, PKH adalah bentuk jaminan sosial pemerintah terhadap rakyatnya. Berdasarkan pengukuran Efektivitas, Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Pulau Betung belum mampu secara maksimal mengentaskan kemiskinan namun Program ini sangat membantu dan meringankan beban keluarga miskin.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Program Keluarga Harapan (PKH), Pengentasan Kemiskinan, dan Ekonomi Islam
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam
Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 15 Dec 2021 02:22
Last Modified: 15 Dec 2021 02:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18803

Actions (login required)

View Item View Item