Strategi Pengelola dalam Meningkatkan Pelayanan dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Perpustakaan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang)

ADESTI PUTRI ANESIA, ADESTI PUTRI ANESIA and Mohammad Syawaluddin, Mohammad Syawaluddin and Herlina, Herlina (2021) Strategi Pengelola dalam Meningkatkan Pelayanan dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Perpustakaan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang). Other thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ADESTI PUTRI ANESIA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Adesti Putri Anesia NIM : 1534400071 Fakultas : Adab dan Humaniora Program Studi/Tahun : Ilmu Perpustakaan/2021 Judul Skripsi Strategi Pengelola Dalam Meningkatkan Pelayanan dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang) xxi + 112 hlm + lampiran Skripsi ini berjudul “Strategi Pengelola Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Perpustakaan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk pelayanan yang diterapkan oleh pengelola perpustakaan, untuk mengetahui strategi apa yang diterapkan pengelola perpustakaan dalam meningkatkan pelayanan di perpustakaan, dan untuk mengetahui apakah ada kendala yang dihadapi pengelola perpustakaan dalam meningkatkan pelayanan di Perpusakaan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data diambil dengan menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini ialah kepala perpustakaan, staff bagian layanan sirkulasi, staff pengelola bagian referensi dan student staff. Berdasarkan dari hasil analisis mengenai strategi pengelola dalam meningkatkan pelayanan di masa pandemic covid-19 (Studi kasus Perpustakaan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang) dengan menggunakan analisis SWOT, hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bentuk pelayanan yang diterapkan pengelola perpustakaan dalam masa pandemic covid-19 ialah, menerapkan pelayanan online untuk sistem peminjaman, pengembalian dan perpanjangan koleksi di perpustakaan. Pemustaka dengan mudah meminjam, mengembalikan serta memperpanjang masa peminjaman koleksi melalui sistem online, cukup dengan menggunakan link yang sudah tersedia dan perpustakaan bekerja sama dengan kurir untuk mengantarkan pesanan koleksi yaitu buku yang dikendaki pemustaka. Maka dengan adanya layanan online ini pemustaka akan lebih mudah meminjam koleksi tanpa harus bersusah payah datang langsung ke perpustakaan. Dan adapun kendala yang dihadapi ialah, masih kurangnya tenaga SDM dalam melayani dan mengelola perpustakaan, keuangan perpustakaan belum cukup untuk penyediaan sarana dan prasarana, minimnya jumlah komputer sebagai alat menelusur informasi. Kata Kunci: Strategi, Pengelola, Layanan Perpustakaan, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengelola, Layanan Perpustakaan, Analisis SWOT
Subjects: Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 71401 - Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Fakultas Adab
Date Deposited: 16 Dec 2021 08:56
Last Modified: 17 Dec 2021 04:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18814

Actions (login required)

View Item View Item