KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP KHASIAT AIR GOA PUTERI (STUDI KASUS DI DESA PADANG BINDU KEC. SEMIDANG AJI KAB. OGAN KOMERING ULU)

JANNAH, PUTRI RAUDATUL (2021) KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP KHASIAT AIR GOA PUTERI (STUDI KASUS DI DESA PADANG BINDU KEC. SEMIDANG AJI KAB. OGAN KOMERING ULU). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kepercayaan Masyarakat Terhadap Khasiat Air Goa Puteri (Studi Kasus di Desa Padang Bindu Kec. Semidang Aji Kab. Ogan Komering Ulu)”, masyarakat Desa Padang Bindu mempercayai khasiat air Goa Puteri sebagai penolong penyembuhan beberapa penyakit dan dapat mewujudkan permohonan. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana kepercayaan masyarakat Desa Padang Bindu terhadap khasiat air Goa Puteri ? (2) Apa faktor penyebab masyarakat Desa Padang Bindu percaya terhadap kekhasiatan air Goa Puteri ?. Penelitian ini memiliki tujuan umum untuk mengemukakan secara akurat dan komprehensif tentang khasiat Air Goa Puteri dan tujuan khususnya yaitu : (1) Untuk mengetahui kepercayaan masyarakat Desa Padang Bindu terhadap air Goa Puteri di Desa Padang Bindu Kec. Semidang Aji Kab. Ogan Komering Ulu. (2) Untuk mengetahui faktor penyebab masyarakat Desa Padang Bindu masih mempercayai kekhasiatan dari air Goa Puteri. Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang bersifat menggambarkan tentang suatu objek penelitian. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah masyarakat Desa Padang Bindu, pengelola Goa Puteri, dan pengunjung Goa Puteri. Sumber data sekunder dari dokumen-dokumen resmi, buku-buku, dan hasil penelitian berbentuk laporan yang mempunyai relevansi dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam skripsi ini adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan Masyarakat Desa Padang Bindu Terhadap Khasiat Air Goa Puteri benar adanya dan kepercayaan ini diwarisi dari nenek moyang mereka. Mereka mempercayai bahawa air Goa Puteri ini memiliki khasiat dapat menyembuhkan beberapa penyakit dan juga dapat mengabulkan permohonan. Kepercayaan ini pun sebagai suatu kepercayaan yang timbul karna suatu ketidaksengajaan yang tumbuh sejak dahulu di Desa Padang Bindu. Adapun faktor penyebab masyarakat Desa Padang Bindu ini percaya terhadap khasiat air Goa Puteri karena air Goa Puteri merupakan suatu kepercayaan warisan nenek moyang, mayoritas penduduk dahulu merupakan kaum awam yang tidak berpendidikan yang tinggi, kepercayaan ini juga bukan hanya masyarakat Desa Padang Bindu saja yang percaya namun sudah banyak dari luar daerah yang percaya terhadap khasiat air Goa Puteri, dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Desa Padang Bindu ini masih dipengaruhi oleh mitosmitos, dan minimnya pengetahuan agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Goa Puteri
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama - Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Dec 2021 02:41
Last Modified: 23 Dec 2021 02:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18847

Actions (login required)

View Item View Item