Peran Pesantren dalam Pembentukan Karakter Islami Santri Pondok Pesantren Nurul Ma'rifah (Desa Ulak Tembaga Kec.Jejawi Kab.Ogan Komering Ilir)

Ari Saputra, Sejarah Peradaban Islam and Dolla Sobari, M.Ag., PEMBIMBING 1 and Sholeh Khudin, S.Ag.M.Hum, PEMBIMBING 2 (2021) Peran Pesantren dalam Pembentukan Karakter Islami Santri Pondok Pesantren Nurul Ma'rifah (Desa Ulak Tembaga Kec.Jejawi Kab.Ogan Komering Ilir). Masters thesis, Universitas Islam Raden Fatah palembang.

[img]
Preview
Text
full bab ariariiii-dikonversi.pdf

Download (927kB) | Preview

Abstract

INTISARI Kajian Sejarah IslamJurusan Sejarah Peradaban Islam Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang Skripsi 2021 Ari Saputra. Peran Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Islami Santri Pondok Pesantren Nurul Ma’rifah Sumatera Selatan (Desa Ulak Tembaga Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir) XII + 96 + Lampiran Peran Pesantren dalam Pembentukan Karakter Islami Santri Ponpes Nurul Ma’rifah Desa Ulak Tembaga untuk dijadikan bahan penelitian. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di masyarakat yaitu (1) generasimuda yang memiliki karakter yang kurang baik dalam hal budi pekerti, (2) kurang optimalnya lembaga pendidikan dalam menanamkan nilai-nilai, cita-cita dan motivasi yang akan mendorong generasi muda memiliki kepribadian yang baik, (3) Kurangnya pengetahuan orang tua mengenai cara membentuk karakter islami agar memiliki kepribadian yang baik dalam hal budi pekerti. Berdasarkan identifikasi masalah diatas, maka peneliti tertarik untuk lebih mendalami peran lembaga pendidikan khususnya pondok pesantren dalam memberikan pendidikan karakter pada santri. Pondok Pesantren Nurul Ma’rifah memiliki kurikulum yang lebih mengutamakan pendidikan karakter dalam proses pembelajarannya. Oleh karena itu, penelitian yang dilakukan di pondok pesantren tersebut bertujuan untuk mengetahui (1) karakter Islami di pondok pesantrenNurul Ma’rifah (2) upaya Pondok Pesantren Nurul Ma’rifah dalam pembentukan karakter Islami Santri. Metode penelitian yang digunakan adalah metodedeskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk lebih menggali inti dari permasalahan penelitian dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara pada pengelola, pengajaran dan santri sebagai objek pendidikan. Teoriyang menjadi rujukan dalam penelitian ini diantaranya teori peran pesantren dan karakter Islami. Kata Kunci: Peran Pesantren, Pembentukan Karakter islami Santri Desa Ulak Tembaga, Ponpes Nurul Ma’rifah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Fakultas Adab
Date Deposited: 29 Dec 2021 04:47
Last Modified: 29 Dec 2021 04:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18867

Actions (login required)

View Item View Item