MANAJEMEN MASJID RAYA TAQWA PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN KEAGAMAAN JAMA’AH (STUDI PADA KEGIATAN HAFLAH DAN TAHSIN AL-QURAN)

PIPIN, PIPIN (2021) MANAJEMEN MASJID RAYA TAQWA PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN KEAGAMAAN JAMA’AH (STUDI PADA KEGIATAN HAFLAH DAN TAHSIN AL-QURAN). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berjudul Manajemen Masjid Raya Taqwa Dalam Meningkatkan Kegiatan Keagamaan Jama’ah (Studi Pada Kegiatan Haflah Al-Quran Dan Tahsin Al-Quran). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dengan sumber data primer dan sekunder. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. teknik analisa data pada penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Untuk mengetahui Manajemen Masjid Raya Taqwa Palembang dalam meningkatkan kegiatan keagamaan jama’ah (studi pada kegiatan Haflah Al-Quran dan Tahsin Al-Quran), peneliti menggunakan teori James A.F Stoner bahwa fungsi manajemen terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, memimpin, dan pengendalian. Dalam perencanaan yang dilakukan yaitu penetapan tujuan, penetapan sarana dan media, penetapan pembimbing, melakukan publikasi untuk menarik jama’ah, dan memilih metode penyampaian yang tepat agar mudah dipahami, dalam pengorganisasian yaitu adanya struktur organisasi, dan menetapkan pembimbing atau pengajar yang ahli di bidangnya, dalam memimpin bersifat musyawarah dan tidak bersifat komando adapun yang diterapkan ustadz kepemimpinan berkaitan dengan memilih metode belajar yang diterapkan, serta dalam pengawasan yang dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan. Adapun faktor pendukung yang ada dalam pelaksanaan kegiatan haflah Al-Quran dan tahsin Al-Quran yaitu dukungan masyarakat, respon yang baik dari jama’ah, dan pembimbing yang seorang hafidz Quran, serta faktor penghambat yaitu berkurangnnya jumlah ustadz yang mengajar berpengaruh pada kurangnya pengembangan ilmu yang di dapat jama’ah , jama’ah yang terdiri dari pekerja dan pelajar yang tidak bisa sepenuhnya aktif ikut kegiatan, serta ustadz yang juga memiliki kepentingan umat diluar terpaksa tidak bisa mengajar jama’ah. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan dan analisa data yang sudah penulis lakukan yaitu manajemen Masjid Raya Taqwa dalam meningkatkan kegiatan keagamaan (Haflah AlQuran dan Tahsin Al-Quran) telah menerapkan fungsi manajemen James A.F Stoner mulai dari perencanaan, pengorganisasian, memimpin, dan pengendalian dengan cukup baik, meskipun dalam pengaplikasiannya masih ada beberapa kendala dan hambatan, walaupun demikian kegiatan keagamaan Haflah Al-Quran dan Tahsin Al-Quran di Masjid Raya Taqwa masih berjalan dengan lancar. Kata Kunci: Manajemen, Masjid, Kegiatan Keagamaan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 31 Dec 2021 06:44
Last Modified: 31 Dec 2021 06:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18887

Actions (login required)

View Item View Item