LISTIYANI, DEWI (2021) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN ANAK TUNAGRAHITA DI SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
1.pdf Download (267kB) |
|
Text
2.pdf Download (486kB) |
|
Text
3.pdf Download (185kB) |
|
Text
4.pdf Download (547kB) |
|
Text
5.pdf Download (143kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (141kB) |
|
Text
DPUSTAKA.pdf Download (256kB) |
|
Text
KOVER.pdf Download (103kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang peran guru dalam menanamkan kedisiplinan anak tunagrahita di SLB-B Negeri Pembina Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pemilihan subjek yaitu menggunakan purposive sampling, berusia 35-53 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, serta observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini secara umum menunjukan gambaran peran guru dalam menanamkan kedisiplinan anak tunagrahita di SLB-B Negeri Pembina Palembang bahwa peran dan upaya yang dilakukan dari ketiga subjek tersebut adalah sama-sama membimbing anak tunagrahita sehingga anak mengalami perubahan dan peningkatan yang terjadi yaitu seperti melakukan kesalahan semakin berkurang dan tidak melakukan kesalahan pada hal yang sama, dengan seperti itu anak tunagrahita mengalami peningkatan kedisiplinan, itu semua karena peran guru yang memberikan motivasi, reward dan punishment dengan tujuan menambah semangat anak untuk melakukan hal yang positif sehingga dapat mengurangi perilaku yang negatif, peran tersebut dibantu juga oleh orang tua, karena guru dan orang tua harus sama-sama sinkron serta bersinergi dalam membimbing anak untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Kata Kunci: Peran Guru, Kedisiplinan, Anak Tunagrahita
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Psikologi > Psikologi Islam |
Divisions: | Fakultas Psikologi > 73201 - Psikologi Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 02:55 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 02:55 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18925 |
Actions (login required)
View Item |