PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN ANAK TUNAGRAHITA DI SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG

LISTIYANI, DEWI (2021) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN ANAK TUNAGRAHITA DI SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf

Download (267kB)
[img] Text
2.pdf

Download (486kB)
[img] Text
3.pdf

Download (185kB)
[img] Text
4.pdf

Download (547kB)
[img] Text
5.pdf

Download (143kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DPUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
KOVER.pdf

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran guru dalam menanamkan kedisiplinan anak tunagrahita di SLB-B Negeri Pembina Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pemilihan subjek yaitu menggunakan purposive sampling, berusia 35-53 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, serta observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini secara umum menunjukan gambaran peran guru dalam menanamkan kedisiplinan anak tunagrahita di SLB-B Negeri Pembina Palembang bahwa peran dan upaya yang dilakukan dari ketiga subjek tersebut adalah sama-sama membimbing anak tunagrahita sehingga anak mengalami perubahan dan peningkatan yang terjadi yaitu seperti melakukan kesalahan semakin berkurang dan tidak melakukan kesalahan pada hal yang sama, dengan seperti itu anak tunagrahita mengalami peningkatan kedisiplinan, itu semua karena peran guru yang memberikan motivasi, reward dan punishment dengan tujuan menambah semangat anak untuk melakukan hal yang positif sehingga dapat mengurangi perilaku yang negatif, peran tersebut dibantu juga oleh orang tua, karena guru dan orang tua harus sama-sama sinkron serta bersinergi dalam membimbing anak untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Kata Kunci: Peran Guru, Kedisiplinan, Anak Tunagrahita

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Psikologi > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > 73201 - Psikologi Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jan 2022 02:55
Last Modified: 06 Jan 2022 02:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18925

Actions (login required)

View Item View Item