PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MA’ARIF TUNGKAL JAYA KABUPATEN MUSI BANYUASIN SUMATERA SELATAN

Indrawati, Anik (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MA’ARIF TUNGKAL JAYA KABUPATEN MUSI BANYUASIN SUMATERA SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I ANIK.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB V ANIK.pdf

Download (195kB)

Abstract

Brain Based Learning merupakan model pembelajaran yang diselaraskan dengan cara kerja otak yang dirancang secara alamiah untuk belajar. Kemampuan Kognitif merupakan suatu kemampuan individu atau kelompok dalam proses memperoleh pengetahuan melalui pengalaman belajar. Berdasarkan fakta dilapangan hasil observasi awal bahwa kemampuan kognitif siswa sangat rendah yaitu siswa yang mudah melupakan materi yang diberikan oleh guru dan wawasan serta daya tangkap yang dimiliki siswa kurang. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Pada penelitian ini memberikan suatu perlakuan (tretmen) pada subjek. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan menyebarkan angket. Adapun analisis data menggunakan analisis uji normalitas, uji-t dan uji hipotetis dengan membandingkan rata-rata nilai pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian diketahui (1) kemampuan kognitif peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ma’Arif Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan yang tidak diterapkan model pembelajaran brain based learning (kelas kontrol) yaitu berada kategori cukup rendah; (2) kemampuan kognitif peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ma’Arif Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan yang diterapkan model pembelajaran brain based learning (kelas eksperimen) yaitu berada pada kategori tinggi; dan (3) dengan diketahui nilai t-hitung yaitu 18,81 dan dikonsultasikan dengan tabel berdistribusi t, hasil T-hitung lebih besar dari t-tabel taraf 5% dan begitu juga pada taraf 1% atau (1,699<18,81>2,462) Maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran brain based learning dapat meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada pelajaran PAI di SMP Ma’Arif Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Kata Kunci: Brain Based Learning, kemampuan kognitif, PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Brain Based Learning kemampuan kognitif PAI
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:45
Last Modified: 07 Jan 2022 02:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18936

Actions (login required)

View Item View Item