PENGOBATAN TRADISIONAL MASYARAKAT MELAYU PALEMBANG BERDASARKAN CATATAN PRIBADI SYAIKH MUHAMMAD AZHARI BIN ABDULLAH AL-FALIMBANI (1811 - 1874 )

Nurwahyuni, Wahyuni (2021) PENGOBATAN TRADISIONAL MASYARAKAT MELAYU PALEMBANG BERDASARKAN CATATAN PRIBADI SYAIKH MUHAMMAD AZHARI BIN ABDULLAH AL-FALIMBANI (1811 - 1874 ). Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
PENGOBATAN TRADISIONAL MASYARAKAT MELAYU PALEMBANG BERDASARKAN CATATAN PRIBADI SYAIKH MUHAMMAD AZHARI BIN ABDULLAH AL-FALIMBA.pdf

Download (36MB)

Abstract

ABSTRAK Pengobatan tradisional merupakan bentuk jejak warisan kebudayaan baik itu yang berbentuk tulisan ataupun lisan yang telah dilakukan ulama dan orang yang memahami mengenai ilmu pengobatan dengan tujuan agar dapat memenuhi kebutuhan hidup dan menjaga kesehatan baik itu jasmani ataupun rohani, yang masih dilakukan hingga masa kini. Pengobatan tradisional menjadi salah satu kebutuhan yang sentral di kalangan masyarakat sehingga banyak orang yang mengembangkan pengobatan tradisional melalui jejak-jejak tulisan naskah yang berisikan penjelasan ataupun tata cara dalam pengobatan. Oleh karena itu permasalahan yang akan diambil untuk penelitian ini adalah bagaimana tata cara pengobatan tradisional menurut catatan pribadi Syaikh Muhammad Azhari bin Abdullah al-Falimbani, bagaimana biografi Syaikh Muhammad Azhari bin Abdullah al-Falimbani dan bagaimana relevansi pengobatan tradisional yang berdasarkan catatan pribadi Syaikh Muhammad Azhari bin Abdullah al-Falimbani dengan pengobatan tradisional pada masa kini. Metode yang digunakan adalah metode filologi yakni sebuah metode yang menggunakan teks naskah lama yang berbentuk catatan pribadi sebagai sumber primer, kemudian dilakukan transiliterasi naskah agar memudahkan untuk mendapatkan informasi mengenai kebenaran data yang akan diteliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan antropologi. Dari hasil analisis menjelaskan bahwasanya pengobatan tradisional berdasarkan teks catatan pribadi Syaikh Muhammad Azhari al-Falimbani telah membawa dampak positif di kalangan masyarakat dan berkembang hingga masa kini, karena menggunakan tata cara pengobatan yang tidak keluar dari ajaran syariat Islam, serta bahan-bahan yang digunakan pun masih bersifat alami yang diambil dari berbagai jenis tanaman obat sehingga tidak memiliki efek samping yang berkepanjangan. Dengan demikian, masyarakat masih mempertahankan pengobatan tradisional hingga masa kini, meskipun menggunakan alat-alat yang jauh lebih modern. Kata Kunci: Pengobatan, Tradisional, Melayu, Masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > 80101 - Sejarah Peradaban Islam (S2)
Depositing User: Fakultas Adab
Date Deposited: 12 Jan 2022 00:54
Last Modified: 17 Jan 2022 03:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18989

Actions (login required)

View Item View Item