POLA PENGASUH PANTI ASUHAN DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN SUBULUSSALAM BANTEN II KELURAHAN 16 ULU PALEMBANG

TRISNAWATI, TRISNAWATI (2021) POLA PENGASUH PANTI ASUHAN DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN SUBULUSSALAM BANTEN II KELURAHAN 16 ULU PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)

Abstract

Pola pengasuh merupakan cara yang digunakan orang tua asuh untuk memberikan bimbingan, arahan dan pengasuhan kepada anak asuh. Pola asuhan yang tepat akan menghasilkan karakteristik anak yang positif dan pribadi yang baik. Pendidikan karakter religius merupakan sesuatu yang sangat penting dan amak asuh harus memiliki jiwa yang religius dengan melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di panti asuhan hingga tertanamnya jiwa yang religius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengasuh panti asuhan dalam menggunakan pola asuh untuk menanamkan karakter religius anak asuh dan untuk mengetahui karakter religius anak asuh di Panti Asuhan Subulussalam tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data yang relevan, peneliti menggunakan metode pengumpulan data seperti observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah penyederhanaan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ialah pengasuh Panti Asuhan Subulussalam dalam menanamkan karakter religius anak asuh di Panti Asuhan Subulussalam Banten II Kelurahan 16 Ulu Palembang menegaskan menggunakan pola asuhan demokratis dan semi otoriter yang tujuan utamanya untuk mendisiplinkan anak asuh. Adapun karakter religius yang ditanamkan pada anak asuh antara lain membiasakan anak untuk shalat berjama’ah, membiasakan anak untuk shalat malam tahajud, memberikan pengajaran kepada anak tentang aqidah dan akhlak, mengajarkan dan membiasakan anak untuk selalu menutup auratnya dengan baik dan membiasakan anak membaca serta menghafal Al-Qur’an. Kata Kunci: Pola Pengasuh, Karakter Religius, Panti Asuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pola Pengasuh Karakter Religius Panti Asuhan
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 13 Jan 2022 05:51
Last Modified: 13 Jan 2022 05:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19020

Actions (login required)

View Item View Item