PARTISIPASI PEMUDA DALAM MEMPERERAT SOLIDARITAS MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI KELURAHAN KAYUARA KUNING KECAMATAN BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN

PUTRI, AYU JULIAH (2021) PARTISIPASI PEMUDA DALAM MEMPERERAT SOLIDARITAS MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI KELURAHAN KAYUARA KUNING KECAMATAN BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I..pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (194kB)

Abstract

Partisipasi pemuda dalam mempererat solidaritas masyarakat sangatlah penting apalagi pada zaman ini pemuda sebagai generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan kemajuan bangsa. Sekarang ini pemuda di dalam hidup bermasyarakat sangat menurun drastis. Mereka lebih mengutamakan kesenangan untuk dirinya sendiri dan lebih sering bermain-main. Padahal, dulu biasanya pemuda lah yang berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan-kegiatan di masyarakat. Pemuda kini tidak lagi menjadi pelopor dalam segala bentuk kegiatan kemasyarakatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi pemuda dalam mempererat solidaritas masyarakat melalui kegiatan keagamaan, untuk mengetahui kegiatankegiatan keagamaan yang dilakukan pemuda dalam mempererat solidaritas masyarakat dan untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi partisipasi pemuda dalam mempererat solidaritas masyarakat melalui kegiatan keagamaan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan pengamatan observasi. Penelitian ini dilakukan dengan teknis analisis data yaitu dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan berdasarkan hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua pemuda berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan keagamaan. Kini banyak pemuda yang lupa dan selalu disibukkan dengan kesenangan duniawi yang tidak bermanfaat mereka membuangbuang waktu berharganya. Dengan itu, untuk mempererat solidaritas antara pemuda dan masyarakat dalam mengukuti kegiatan keagamaan dengan menjalankan program kerja seperti mengaktifkan ikatan remaja masjid, karang taruna, pengajian rutin dan peringatan hari besar Islam. Ada beberapa faktor yang menyebabkan pemuda kurang berpartisipasi yaitu faktor yang berasal dari dalam diri seseorang dan faktor yang berasal dari luar diri seseorang seperti bermain game online, berpesta-pesta dan lainnya yang akan membawa dampak buruk bagi mereka. Kata Kunci:Partisipasi Pemuda, Solidaritas Masyarakat, Kegiatan Keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Pemuda Solidaritas Masyarakat Kegiatan Keagamaan
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 13 Jan 2022 05:51
Last Modified: 13 Jan 2022 05:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19021

Actions (login required)

View Item View Item