SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN SOFT SKILL SANTRI DI PONDOK PESANTREN AR –RAHMAN TEGAL BINANGUN PLAJU PALEMBANG

ASMASARI, DINA (2021) SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN SOFT SKILL SANTRI DI PONDOK PESANTREN AR –RAHMAN TEGAL BINANGUN PLAJU PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (24kB)

Abstract

Sistem pendidikan adalah totalitas interaksi dari seperangkat unsur-unsur pendidikan dan bekerja sama secara terpadu, saling melengkapi satu sama lain menuju tercapainya tujuan pendidikan yang telah menjadi cita-cita bersama pelakunya. Soft skill merupakan suatu bentuk kemampuan yang dapat membantu seseorang untuk berhubungan dengan orang lain. Di mana kemampuan antara individu dengan individu lainnya tidak sama. Kemampuan di sini didorong karena adanya sebuah karakter dan akhlak yang menyatu sehingga membentuk suatu kemampuan yang berasal dalam diri seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem pendidikan pondok pesantren dalam meningkatkan Soft skill santri. Dan Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam memberikan keterampilan santri di Pondok Pesantren Ar-Rahman Tegal Binangun Plaju Palembang. Jenis penelitian digunakan adalah penelitian kualitatif, sebab itu pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif dengan memakai metode deskriptif dan fielresearch. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisis data yang bersifat deskriptif kualitatif, metode analisa dimulai pada tahap reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti di pondok pesantren Ar-Rahman tegal binangun plaju palembang dapat diambil kesimpulan ada komponen soft skill dalam meningkatkanya 1.Time manajement. 2.Transforming Character. 3.Accelerated Learning process. 4.Social insight. 5.Sosial Comunication. Dalam meningkatkan soft skill berhubungan penting dengan unsur pondok pesantren yaitu 1.Pondok / Asrama santri 2. Kyai 3. Santri 4. Masjid 5. Pengajaran Islam Klasik. Faktor pendukung sistem pendidikan pondok pesantren dalam meningkatkan soft skill santri di pondok pesantren Ar-Rahman Tegal Binangun Plaju Palembang meliputi, Pemimpin yang kuat dan bervisi, sarana dan prasarana pendidikan, kurikulum yang mana setiap tahunnya pasti ada program baru dalam pendidikannya, lingkungan dan masyarakat pesantren. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya tenaga pengajar, santri yang berjiwa bebas sulit mengikuti peraturan, dan wali santri yang kurang memperhatikan perkembangan anaknya Kata kunci : Sistem, Pondok Pesantren, Soft Skill

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pondok Pesantren Soft Skill
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 14 Jan 2022 06:44
Last Modified: 14 Jan 2022 06:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19056

Actions (login required)

View Item View Item