KREATIVITAS GURU PENYANDANG DISABILITAS DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (Studi Kasus Pembelajaran Guru di MAN 1 Banyuasin)

Agustiawati, Atmi (2021) KREATIVITAS GURU PENYANDANG DISABILITAS DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (Studi Kasus Pembelajaran Guru di MAN 1 Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Chapter 1_Atmi.pdf

Download (486kB)
[img] Text
Chapter 5_Atmi.pdf

Download (186kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan dan menganalisis bentuk kreativitas guru penyandang disabilitas, faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas, serta dampak kreativitas tersebut terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI. Keunikan dari penelitian ini ialah profil guru disabilitas netra yang melaksanakan tugasnya sebagai tenaga pendidik di sekolah reguler, yaitu MAN 1 Banyuasin. Adapun Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan validitas data menggunakan triangulasi. Analisis datanya terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan: 1) Guru disabilitas MAN 1 Banyuasin merupakan guru yang kreatif. Bentuk kreativitasnya ditunjukkan dalam merancang pembelajaran yang memperhatikan kesesuaian antara materi, sttrategi, dengan potensi peserta didik, meski memiliki keterbatasan dalam penglihatan. Variasi metode dan strategi yang digunakan pun menarik minat dan motivasi peserta didik; 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas tersebut ialah adanya kesadaran untuk mengembangkan potensi diri, tanggung jawab akan tugas dan kewajiban, dan ketersediaan fasilitas pembelajaran yang mendukung pelaksanaan proses pembelajaran. ; 3) Kreativitas guru disabilitas dalam proses pembelajaran berdampak positif bagi peserta didik, karena merasa lebih bisa memahami materi pembelajaran, merasa senang mengikuti proses pembelajaran, dan termotivasi dengan pengalaman yang dibagikan oleh guru disabilitas. Kata Kunci : Kreativitas, Guru Penyandang Disabilitas, Proses Pembelajaran SKI

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru Penyandang Disabilitas Proses Pembelajaran SKI
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Jan 2022 05:14
Last Modified: 17 Jan 2022 05:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19083

Actions (login required)

View Item View Item