PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI FASILITATOR DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK SMP TUNARUNGU DI SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG

ISNAINI, APRINA (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI FASILITATOR DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK SMP TUNARUNGU DI SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (22kB)

Abstract

Peran guru sangatlah penting didalam dunia pendidikan karena guru sebagai keberhasilan anak didik. Seorang guru harus mampu mengarahkan dan membimbing anak didik untuk lebih maju dan berkembang dalam dunia pendidikan serta mampu meningkatkan prestasi peserta didik yang cemerlang. Pendidikan Agama Islam dan juga anak berkebutuhan khusus salah satunya anak tunarungu dalam proses kegiatan pembelajarannya. Maka berdasarkan latar belakang diatas, peneliti ingin melakukan penelitian lebih lanjut mengenai peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius anak tunarungu. Tujuan Penelitian Untuk mengetahui bagaimana karakter religius pada anak SMP Tunarungu di SLB-B Negeri Pembina Palembang dan bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius pada anak SMP Tunarungu di SLB-B Negeri Pembina Palembang. Jenis penelitian ini memakai pengumpulan data yang berupa gambar-gambar ataupun kata-kata dalam mendeskripsikan. Maka, laporan penelitian berbentuk kutipan-kutipan yang mendeskripsikan penelitian dalam penyajian nya. Data diperoleh dari wawancara, dokumentasi pribadi maupun resmi, naskah, catatan lapangan, catatan lainnya atau memo. Serta analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti maka dapat disimpulkan bahwa Karakter religius anak SMP tunarungu di SLB-B Negeri Pembina Palembang sudah cukup baik. Dibuktikan dan didukung dengan adanya nilai- nilai religius yaitu 1) Nilai ibadah, 2) Nilai akhlak dan kedisiplinan, 3) Nilai keteladanan, 4) Nilai amanah dan ikhlas dan Peran guru pendidikan agama Islam sebagai fasilitator dalam membentuk karakter religius pada anak SMP Tunarungu di SLB-B Negeri Pembina Palembang secara umum sudah terlaksana dengan cukup baik dari sebelas peran guru sebagai fasilitator diterapkan dengan baik, diantaranya, 1) Guru memberi kesempatan agar peserta didik dapat aktif, 2) Toleransi terhadap kesalahan yang diperbuat peserta didik selama proses pembelajaran. 3) Guru berupaya menghargai peserta didik dengan menunjukan minat yang sungguh-sungguh pada pengetahuan dan pengalaman mereka. 4) Guru bekerja sama dengan peserta didik untuk membangun prestasi belajar. 5) Guru harus memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, sehingga ia dapat memanagemen kelasnya dengan efektif. 6) Hubungan guru dengan peserta didik sebaiknya dilakukan dengan suasana akrab, santai, bersifat dari hati ke hati, sehingga peserta didik tidak merasa kaku dan sungkan dalam berhubungan dengan guru. 7) Guru memberi dukungan atau memotivasi peserta didik. 8) Guru menunjukkan kesungguhan di dalam bekerja dengan peserta didiknya, sehingga peserta didik akan tetap menghargainya. 9) Guru bersikap adil di tengah peretntangan pendapat peserta didik. 10) Guru terbuka dengan seluruh peserta didik tanpa membedabedakan. 11) Guru mendengarkan keluh kesah peserta didik. Kata kunci: Peran Guru PAI, Karakter Religius, dan Anak Tunarungu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI Karakter Religius dan Anak Tunarungu
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Jan 2022 05:13
Last Modified: 17 Jan 2022 05:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19084

Actions (login required)

View Item View Item