PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA TEMA 4 SUBTEMA 3 KELAS V SD/MI DI SD NEGERI 129 PALEMBANG

Marini, Sulastri (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA TEMA 4 SUBTEMA 3 KELAS V SD/MI DI SD NEGERI 129 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
2_BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] Text
6_BAB V.pdf

Download (71kB)

Abstract

Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan keterampilan proses pada tema 4 subtema 3 SD/MI kelas V dilakukan karena berdasarkan latar belakang permasalahan pada penelitian, peserta didik kurang semangat dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan metode konvesional , guru hanya menggunakan buku guru dan peserta didik yang tersedia dari pemerintah sebagai patokan utama, padahal bahan ajar yang disediakan oleh pemerintah cakupan materinya hanya sedikit. Selain itu dari pembahasan materi yaitu pada pembelajaran 1 pelajaran Bahasa Indonesia dan IPA materinya kurang begitu mendetail sehingga peserta didik masih belum benar-benar memahami terkait materi yang ada dalam buku tematik yang digunakan. Maka dari itu, peneliti mengembangkan bahan ajar berupa buku ajar yang lebih detail materinya dan berbasis pendekatan keterampilan proses yaitu dengan mengaitkan materi pembelajaran dengan memfokuskan pembelajaran berdasarkan prosesnya secara bebas dan kreatif keterampilan fisik dan mental yang berdasarkan pada orientasi kemampuan peserta didik agar mereka lebih mudah dalam memahami materi. Tujuan penelitian ini untuk merancang desain bahan ajar, untuk menguji kevalidan bahan ajar dan untuk menguji kepraktisan bahan ajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Tessmer. Model pengembangan Tessmer terdiri dari 2 tahap yaitu tahap Preliminary yang terdiri dari tahap persiapan dan tahap pendesainan serta tahap formative evaluation yang terdiri dari tahap self evaluation, expert review, one to one, small group, dan field test. Namun pada penelitian ini tidak sampai pada tahap field test. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara lisan, dokumentasi, dan angket. Uji validatas data menggunakan angket pada tahap expert review dan one to one sedangkan uji kepraktisan data menggunakan angket pada tahap small group. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V F SD Negeri 129 Palembang dengan jumlah peserta didik sebanyak 13 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan desain bahan ajar tematik berbasis pendekatan keterampilan proses dapat digunakan untuk di uji validitasnya yang dilaksanakan pada tahap expert review dan one to one. Hal ini terlihat dari penilaian pada tahap self evaluation berupa komentar dan saran yang digunakan untuk merevisi bahan ajar untuk dijadikan prototype I sehingga dapat diuji validitasnya pada tahap berikutnya, (2) penilaian hasil angket validasi yang dilakukan pada tahap expert review dengan skor 92 dan one to one dengan skor 100, sehingga dengan rata-rata sebesar 96 dan dikategorikan sangat valid,dan (3) penilaian hasil angket kepraktisan yang dilakukan pada tahap small group berupa skor dengan rata-rata sebesar 100 sehingga dikategorikan sangat praktis. Kata kunci: pengembangan, bahan ajar, pendekatan keterampilan proses

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengembangan bahan ajar pendekatan keterampilan proses
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Jan 2022 01:38
Last Modified: 18 Jan 2022 01:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19097

Actions (login required)

View Item View Item