ANALISIS PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV SD/MI

Putri, Berlian Arista (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV SD/MI. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya pembelajaran dalam jaringan (daring) karena adanya mewabahnya suatu virus yang bernama corona atau yang sering disebut dengan covid-19 (Corona 3 Virus Deseases-19), serta berdasarkan dengan surat edaran dari Menteri Pedidikan dan kebudayaan nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tertanggal 17 maret 2020 tentang pembelajaran secara Daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan Penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19). Oleh karena pelaksanaan pembelajaran dengan metode pembelajaran dalam jaringan maka terdapat beberapa kendala, yaitu berupa kurangnya pemahaman peserta didik dengan materi pelajaran yang dipelajari serta terdapat kendala pada jaringan dan kuota internet yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pada penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu menggambarkan dan mengungkapkan dan menganalisis. Metode ini adalah metode yang menyatu dengan situasi dan fenomena yang diteliti secara alamiah. Metode yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah studi kasus, yaitu penghimpunan atau menganalisis suatu kasus. Teknik pengambilan data pada penelitian ini yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini yaitu, guru melakukan tahapan perencanaan pembelajaran yang meliputi menyiapkan silabus, membuat RPP untuk setiap pertemuan dan menyiapkan video pembelajaran atau materi ajar. Dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) guru membagi kegiatan menjadi beberapa tahap yaitu berdiskusi dan mengamati, hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dalam melaksanakan pembelajaran sesuai tujuan pembelajaran yang terdapat pada RPP yang disampaikan dan waktu pembelajaran. Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran dalam jaringan (daring) pada pelaksanaan pembelajaran tematik yaitu adanya wifi bagi para guru di sekolah, adanya bantuan dan kerja sama yang baik dari orang tua siswa, adanya bantuan kuota internet untuk siswa dari pemerintah setiap satu bulan sekali. Faktor penghambatnya yaitu: koneksi internet, alat komunikasi yang kurang memadai, kemampuan siswa dalam mengoperasikan WhatsApp, orangtua gagap teknologi, kurangnya support belajar dari orangtua. Kata kunci: Pembelajaran Daring, Covid-19, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring Covid-19 Pembelajaran Tematik
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Jan 2022 01:38
Last Modified: 18 Jan 2022 01:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19098

Actions (login required)

View Item View Item