PENYESUAIAN DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI 30 PALEMBANG

MEUNASAH, WICHOLA PRINCESS (2021) PENYESUAIAN DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI 30 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
2_BAB 1.pdf

Download (200kB)
[img] Text
6_BAB V.pdf

Download (74kB)

Abstract

Penyesuaian diri Anak Berkebutuhan Khusus merupakan proses yang dilakukan anak yang memiliki kelainan fisik, mental, emosi, sosial atau gabungan dari kelainan tersebut dalam menghadapi situasi yang baru sehingga diperoleh keserasian dengan lingkungannya. Situasi yang baru yang dimaksud adalah penerapan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 menggantikan pembelajaran tatap muka secara langsung di kelas. Hal ini tentunya mengubah kebiasaan belajar ABK yang pernah dijalaninya di PAUD dan TK sehingga perlunya penyesuaian diri untuk mengikuti pembelajaran yang berlaku di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penyesuaian diri Anak Berkebutuhan Khusus mengikuti pembelajaran daring di SD Negeri 30 Palembang, serta mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhinya. Objek penelitian ini adalah SD Negeri 30 Palembang, sedangkan informan adalah kepala sekolah, guru, siswa dan wali murid. Data yang diperoleh dianalisis secara interaktif dan terus-menerus sampai tuntas menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data (merangkum dan memilih hal-hal pokok), penyajian data dalam pola singkat, dan diverifikasi atau disimpulkan. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Anak berkebutuhan khusus dalam mengikuti pembelajaran daring pada mulanya sulit untuk menyesuaikan diri. Hal ini dikarenakan kebiasaan-kebiasaan belajar tatap muka secara langsung di kelas yang tertanam dalam pemikiran ABK sulit untuk dirubah. Kebiasaan ini menjadi pandangan yang kuat, sehingga apa yang selama ini ABK alami menjadi kebiasaan yang berulang-ulang dengan tidak ingin menggantinya. Pada diri ABK, sekolah merupakan tempat belajar dan guru adanya pendidik yang mengajarinya. Upaya lain yang dilakukan pendidik adalah dengan menerapkan pendekatan positive deviance, yaitu suatu pendekatan yang menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, tenang dengan pengontrolan emosi, menjali hubungan yang harmonis dengan memberikan dekapan hangat, serta melakukan kerja sama dengan pihak sekolah; dan (2) Faktor-faktor pendukung yang mempengaruhi penyesuaian diri ABK mengikuti pembelajaran daring diantaranya kinerja wali kelas, wali murid dan kebijakan sekolah. Sedangkan faktor penghambat penggunaan aplikasi game pada handphone dapat menimbulkan karakteristik anak menjadi keras, serta kondisi psikis ABK yang cenderung berubah-rubah, serta gangguan moda jaringan seluler. Kata Kunci: Penyesuaian diri, anak berkebutuhan khusus, pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian diri anak berkebutuhan khusus pembelajaran daring
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:45
Last Modified: 18 Jan 2022 04:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19108

Actions (login required)

View Item View Item