PERANAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDESA) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA TALANG BULUH KABUPATEN BANYUASIN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Dianita, Rama (2021) PERANAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDESA) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA TALANG BULUH KABUPATEN BANYUASIN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf

Download (511kB)
[img] Text
2.pdf

Download (438kB)
[img] Text
4.pdf

Download (434kB)
[img] Text
5.pdf

Download (18kB)
[img] Text
3.pdf

Download (76kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DPUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] Text
KOVER.pdf

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengelolaan dan peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Talang Buluh menurut perspektif ekonomi islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Frield Research) yang bersifat kualitatif melalui pendekatan deskripsi. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder yangmana diperoleh dari teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan beberapa informan yang ditentukan secara purposive (sengaja) dan juga melalui pengamatan observasi serta dokumentasi di lapangan. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa sistem pengelolaan BUMDesa di Desa Talang Buluh sudah selayaknya menggunakan prinsip-prinsip dalam pengelolaan BUMDesa pada umumnya. Pengelolaan badan usaha ini khususnya menerapkan prinsip musyarakah dalam sistem pelaksanannya sebagai kebijakan yang dianggap efektif . Beberapa fungsi manajemen juga diterapkan dalam menjalankan badan yang mana berupa kegiatan planning, organizing, com manding, coordinating serta controling dengan berupaya mewujudkan kesejahteraan dan ke adilan melalui ketetapan dan persetujuan bersama. Dalam proses peningkatan perekonomian dan kesejahteraan sejatinya untuk BUMDesa di Desa Talang Buluh sudah sedikit cukup berkontribusi dalam memberikan kemudahan akses dalam memenuhi kebutuhan seharihari, meningkatkan pendapatan masyarakat dan juga desa hanya saja proses maupun maanfat ini belumdapat dikatakanmaksimal. Hal ini disebabkan karena adanya kendala yang dihadapi seperti kurangnya modal serta minimnya unit usaha kegiatan yang dikembangkan oleh BUMDes di Desa Talang Buluh. Namun menurut pandangan ekonomi islam Desa Talang Buluh sudah dapat dikatakan sejahtera dengan terpenuhinya kebutuhan Al-Dharuiyyah, AlHajiyyah dan Al-Tahsinniyyah. Kegiatan ini tentunya bermanfaat sebagai bentuk tolong menolong yang menimbulkan kemaslahatan masyarakat banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:10
Last Modified: 18 Jan 2022 03:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19120

Actions (login required)

View Item View Item