PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP PATRA MANDIRI 01 PALEMBANG

SURIYAH, ANITA FATIMATUS (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP PATRA MANDIRI 01 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
2. BAB I Pendahuluan.pdf

Download (133kB)
[img] Text
6. BAB V Penutup.pdf

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Hasil belajar siswa kelas VII yang diterapkan strategi Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) pada mata pelajaran Agama Islam. (2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas VII yang tidak diterapkan strategi pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review). (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang diterapkan dan tidak diterapkan strategi pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen adalah penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dengan kondisi yang terkendalikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan Uji tes t Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar siswa kelas VII 1 SMP Patra Mandiri 01 Palembang yang menggunakan strategi MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) tergolong lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa kelas VII 2 yang tidak menggunakan strategi MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review). Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji “t” yaitu (t0= 4,893) besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t (ttabel 5%= 2.042 dan ttabel 1%= 2,750) maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar dari tt yaitu 2,042<4,893>2,750. Maka hipotesis nihil yang diajukan ditolak, ini berarti adanya peningkatan hasil belajar setelah diterapkan strategi MURDER secara signifikan. Kata Kunci: Strategi; MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review); Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi MURDER (Mood Understand Recall Digest Expand Review) Hasil Belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:48
Last Modified: 18 Jan 2022 04:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19129

Actions (login required)

View Item View Item