PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYELESAIAN STUDI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG

RISDAYANTI, RISDAYANTI (2021) PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYELESAIAN STUDI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)

Abstract

Perguruan Tinggi merupakan tahap akhir dari pendidikan formal yang sering disebut Universitas, Institut, Akademi, Politeknik, dan sebagainya. Tri Darma Perguruan Tinggi ialah kewajiban perguruan tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian terhadap masyarakat. Salah satu jalur pendidikan perguruan tinggi di Indonesia adalah Universitas Islam Negeri raden fatah Palembang yang secara tidak langsung memfasilitasi dan melaksanakan dua jalur pendidikan, yaitu pendidikan formal yang dilaksanakan dalam bentuk perkuliahn belajar dan mengajar dikelas bersama dosen yang dilakukan selama kurang lebih 4-5 tahun. Sedangkan pendidikan informal dilaksanakan melalui Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK). Adapun rumusan masalah dan tujuan dalam artikel ini ialah mencaritau tentang pengaruh kemampuan literasi terhadap ketepatan waktu penyelesaian studi pada mahasiswa prodi PAI fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Terdapat dua sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer yang didapatkan langsung oleh peneliti melalui penyebaran angket kepada responden dan data sekunder yang diperoleh peneliti dari literature pendukung. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yakni observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai adalah korelasi bivariat. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa kemampuan literasi mahasiswa masuk dalam kategori sedang, dan ketepatan waktu penyelesaia studi mahasiswa jugatermasuk dalam kategori sedang. Sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan lietrasi memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap ketepatan waktu penyelesaian studi mahasiswa. Kata kunci: Kemampuan Literasi, Ketepatan Waktu Penyelesaian Studi, Pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Ketepatan Waktu Penyelesaian Studi Pendidikan
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:17
Last Modified: 20 Jan 2022 03:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19168

Actions (login required)

View Item View Item