PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU SD MELALUI PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN-KETERAMPILAN ABAD 21

Syamsuri, M. Mahfudz Fauzi and Ningtias, Ika Wulandari Utami and Izzatika, Amrina (2021) PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU SD MELALUI PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN-KETERAMPILAN ABAD 21. Abdi Implementasi Pancasila: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1 (2). pp. 62-69. ISSN 2807-1700

[img] Text
Artikel JPM M. Mahfudz Fauzi S..pdf

Download (212kB)

Abstract

Kurikulum 2013 diberlakukan dalam rangka mempersiapkan generasi yang berkualitas untuk menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0. Pada jenjang pendidikan dasar, kurikulum 2013 menuntut agar peserta didik memiliki keterampilan abad 21, baik berpikir dan bertindak, melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan tahap perkembangan anak yang relevan dengan tugas yang diberikan. Kegiatan ini dilakukan untuk guru-guru SD di Kota Metro Provinsi Lampung dengan tujuan untuk mengembangkan profesionalisme guru melalui pelatihan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan-keterampilan abad 21. Kegiatan ini diawali dengan penyampaian materi kemudian dilanjutkan dengan lokakarya. Di akhir kegiatan peserta diberi tugas mandiri untuk dipresentasikan sesuai dengan waktu yang disepakati. Berdasarkan hasil evalusasi CIPP diperoleh informasi bahwa rerata n-gain berkategori tinggi dan 85% guru peserta kegiatan dinyatakan terampil dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan-keterampilan abad 21. Kata kunci: profesionalisme guru SD, perangkat pembelajaran IPA, keterampilan abad 21

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 47201 - Kimia
Depositing User: Mr M. Mahfudz Fauzi Syamsuri
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:16
Last Modified: 20 Jan 2022 03:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19169

Actions (login required)

View Item View Item