STRATEGI PRODI DAN ALUMNI KPI DALAM MENINGKATKAN PERAN DA’I/AH DI SUMATERA SELATAN

Achmad Syarifudin, Syarifudin and Muhammad, Randicha Hamandia (2021) STRATEGI PRODI DAN ALUMNI KPI DALAM MENINGKATKAN PERAN DA’I/AH DI SUMATERA SELATAN. Rafah Press, UIN Raden Fatah Palembang. ISBN 978-623-250-300-7

[img] Text
Buku Achmad Syarifudin 2021.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
penelitian 2021 SK, hasil dan HAKI.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HAKI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Prodi merupakan tumpuan bagi para mahasiswa yang menempuh studi di Perguruan tinggi. Profil lulusan yang telah ditetapkan menjadi orientasi dalam menetapkan Capaian Pembelajaran. Standar Kualifikasi Lulusan pun serta merta menjadi acuan dalam menetapkan rencana kurikulum, matakuliah, praktikum, magang, dsb untuk mewujudkan profil lulusan tersebut. Sebagai program studi yang berorientasi pada pengembangan skill akademis bidang ceramah, tabligh dan memiliki kualifikasi da’i/ulama, prodi KPI seharusnya menyiapkan kurikulum, matakuliah, praktikum, magang bahkan pengayaan materi yang berorreintasi pada peningkatan skill da’i/ah yang sesuai. Namun tidak di prodi KPI UIN Raden Fatah Palembang. Peran da’i/ah di Sumatera Selatan banyak diambil alih oleh alumni prodi lain. Disorientasi kurikulum menjadi factor utama penyebab terjadinya ketidaktercapaian standar kualifikasi lulusan yang diharapkan. Peluang yang tersedia tidak termanfaatkan dengan baik jika hambatan menjadi menjadi dominan. Untuk itu penelitian ini dilakukan guna memperoleh gambaran yang real tentang Peran Prodi dan alumni KPI dalam meningkatkan peran da’i/ah di Sumatera Selatan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif menggunakan analisis Miles and Huberman melalui data reduction, data display dan conclusion. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Prodi dan alumni KPI belum maksimal dalam menetapkan rencana, proses dan evaluasi terhadap kurikulum yang berorientasi pada lulusan KPI yang menjadi da’i/ah professional di Sumatera Selatan. Kedua, Peluang meningkatkan peran da’i/ah sangat besar dengan berkembangnya jumlah masjid/mushalla di Sumatera Selatan, Lembaga dakwah yang semakin berkembang dan berpartisipasi aktif dalam mengembangkan peran da’i/ah. Ketiga, Hambatan dalam mengembangkan peran da’i/ah adalah factor individu, pandangan bahwa peran da’i/ah tidak harus dimainkan oleh alumni KPI menyebabkan mereka kurang serius dalam menjalani peran da’i/ah. Selain itu, kapasitas dan kompetensi public speaking, dasar-dasar Keislaman yang seharusnya ditempa pada saat mengambil matakuliah terabaikan karena menjadi da’i/ah memiliki tanggungjawab bukan hanya menyampaikan melaikan penjagaan apa yang telah disampaikan tersebut. Rekomendasi penelitian ini adalah agar prodi lebih maksimal dalam Menyusun kurikulum yang berorientasi pada pengembangan skill da’i, muballigh, Ulama dengan menetapkan matakuliah yang berkaitan dengan dakwah, keagamaan islam, metodologi yang aktual sehingga lulusan prodi KPI menjadi lebih jelas. Keywords: prodi KPI, alumni, da’i/ah, strategi, peran

Item Type: Book
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: dakwah dan komunikasi
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:43
Last Modified: 18 Mar 2022 03:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19279

Actions (login required)

View Item View Item