MANAJEMEN MASJID DALAM MENGEMBANGKAN WAWASAN KEAGAMAAN JAMAAH MASJID AGUNG JALAN JATI PENDOPO LINTANG KABUPATEN EMPAT LAWANG

LESTARI, NOVI (2021) MANAJEMEN MASJID DALAM MENGEMBANGKAN WAWASAN KEAGAMAAN JAMAAH MASJID AGUNG JALAN JATI PENDOPO LINTANG KABUPATEN EMPAT LAWANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf

Download (137kB)
[img] Text
2.pdf

Download (462kB)
[img] Text
3.pdf

Download (316kB)
[img] Text
4.pdf

Download (670kB)
[img] Text
5.pdf

Download (186kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (279kB)
[img] Text
dpustaka.pdf

Download (347kB)
[img] Text
kover.pdf

Download (215kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Manajemen Masjid Dalam Mengembangkan Wawasan Keagamaan Jamaah Masjid Agung Jalan Jati Pendopo Lintang Kabupaten Empat Lawang. Para pengurus masjid Agung Jalan Jati Pendopo Lintang Kabupaten Empat Lawang berdakwah melalui pengajian mingguan dan kegiatan bil hal. Bilhal yaitu memberikan bantuan jamaah yang membutuhkan wawasan keagamaan Islam. Adapun tujuan dalam penelitian yaitu untuk mengetahui Manajemen Masjid Dalam Mengembangkan Wawasan Keagamaan Jamaah Masjid Agung Jalan Jati Pendopo Lintang Kabupaten Empat Lawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data primer penelitian ini diperoleh dari pengurusan masjid dan jamaah Masjid Agung Jalan Jati Pendopo Lintang Kabupaten Empat Lawang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil analisis peneliti bahwasanya manajemen masjid merencanakan kegiatan-kegiatan pengembangan wawasan kegiatan dalam bentuk dakwah bil-hal seperti pembelajaran pengembangan fiqh, TPA/TPQ, tafsir Qur’an, kegiatan membersihkan masjid, membina akhlak, kegiatan ibadah, kegiatan hari besar Islam, kegiatan pengajian, taklim dan tablig, kegiatan keterampilan beragaman jamaah dan merencanakan keuangan, fasilitas masjid dan pemeliharaan masjid. Pengemabngan wawasan keagamaan bertujuan untuk menyibukkan diri dalam aktivitas keagamaan dibidang ilmu syariat Islam yang membahas serta mempelajari persoalan hukum dalam aspek kehidupan setiap umat Islam dan bentuk perilaku manajerial dalam proses pengembangan dalam upaya meningkatkan kesadaran, kemauan, keahlian serta keterampilan jamaah serta membentuk kegiatan dakwah terus berjalan lancar dan efektif pada Masjid Agung Jalan Jati Pendopo Lintang Kabupaten Empat Lawang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Masjid dan Wawasan Keagamaan
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Feb 2022 07:44
Last Modified: 09 Feb 2022 07:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19325

Actions (login required)

View Item View Item