PENGARUH INTENSITAS SHALAT BERJAMAAH TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN AHLUL QURO RANTAU HARAPAN KABUPATEN BANYUASIN

TRINOVITA, NENI (2021) PENGARUH INTENSITAS SHALAT BERJAMAAH TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN AHLUL QURO RANTAU HARAPAN KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
2.pdf

Download (190kB)
[img] Text
3.pdf

Download (84kB)
[img] Text
4.pdf

Download (184kB)
[img] Text
5.pdf

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DPUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] Text
e9b92d69a2368757845eb4183caf2dc7.pdf

Download (129kB)
[img] Text
KOVER.pdf

Download (21kB)

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan suatu kemampuan yang dimiliki individu dalam mengenali diri sendiri, mampu mengelola emosi, mampu mengendalikan emosi, memahami perasaan orang lain mampu memecahkan masalah yang dihadapi, serta berpikir realistis sehingga mampu merespon secara positif terhadap setiap kondisi yang merangsang munculnya emosi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik apakah ada pengaruh antara intensitas shalat berjamaah terhadap kecerdasan emosional santri di Pondok Pesantren Ahlul Quro Rantau Harapan Kabupaten Banyuasin. Metode alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala intensitas shalat berjamaah dan skala kecerdasan emosional yang diukur dengan menggunakan aspek-aspek menurut Daniel Goleman. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 85 santri yang merupakan santri di Pondok Pesantren Ahlul Quro Rantau Harapan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 75 santri yang ditentukan berdasarkan tabel Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 1%. Skala tersebut terlebih dahulu diuji cobakan terhadap kelompok subjek uji coba (try out), setelah dilakukan analisis dan seleksi terhadap item barulah kemudian skala dan skala item yang tidak layak diperbaiki kemudian disebarkan kembali kepada subjek penelitian. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji determinasi (R2 ), uji koefisien regresi simultan (uji F), dan uji koefisien regresi parsial (uji T). semua penghitungan dilakukan dengan menggunakan bantuan program computer SPSS versi 24.0 for windows. Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh antara intensitas shalat berjamaah terhadap kecerdasan emosional pada santri di Pondok Pesantren Ahlul Quro Rantau Harapan Kabupaten Banyuasin, yang menunjukkan hasil r = 0,930 dan signifikansi p = 0,000 (p < 0,05) dapat dikatakan bahwa hipotesis yang diajukan terbukti ada pengaruh yang positif antara intensitas shalat berjamaah terhadap kecerdasan emosional pada santri di Pondok Pesantren Ahlul Quro Rantau Harapan Kabupaten Banyuasin.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tasawuf dan Psikoterapi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Feb 2022 08:37
Last Modified: 09 Feb 2022 08:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19336

Actions (login required)

View Item View Item