SILPIA, OPI (2022) FUNGSI MANAJEMEN KELAS DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) TERPADU NURUL ILMI DESA PENGABUAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
1.pdf Download (101kB) |
|
Text
2.pdf Download (479kB) |
|
Text
3.pdf Download (318kB) |
|
Text
4.pdf Download (179kB) |
|
Text
5.pdf Download (11kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (103kB) |
|
Text
dpustaka.pdf Download (219kB) |
|
Text
kover.pdf Download (21kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Fungsi Manajemen Kelas di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu Nurul Ilmi Desa Pengabuan”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi manajemen kelas serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Data primer adalah data yang didapat langsung dari sumber utamanya yaitu kepala sekolah, kepala TU, dan waka kesiswaan, sedangkan data sekunder berupa data yang langsung dikumpulkan oleh peneliti sebagai penunjang dari sumber utama seperti foto-foto dan file yang berhubungan dengan pokok permasalahan. Teknik analaisis data melalui tiga tahap yaitu; reduksi, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi diantaranya; triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian ini bahwa fungsi manajemen kelas di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu Nurul Ilmi Desa Pengabuan dilakukan dengan baik yakni pada perencanaan kelas guru sudah mampu melaksanakan pembelajaran dengan RPPH yang sesuai dengan kurikulum PAUD/TK, guru juga mampu memotivasi anak supaya memiliki antusias untuk belajar yaitu dengan memberikan reward kepada anak yang telah menyelesaikan tugas dengan baik, lalu pada saat pengorganisasian kelas guru juga sudah mampu merancang dan mengembangkan peserta didik dengan kegiatan yang bervariasi, sedangkan pada saat kepemimpinan kelas guru juga cukup berkompeten dan professional di dalam kelas. Akan tetapi masih ada kendala yakni masih ada guru yang belum mampu mengkondisikan kelas yang kondusif sehingga masih banyak peraturan fungsi manajemen kelas yang dilanggar oleh anak-anak. Adapun saran dalam penelitian ini diharapkan di masa yang akan datang, fungsi manajemen kelas dapat lebih ditingkatkan lagi dan untuk peneliti selnjutnya diharapkan agar menjadi bahan referensi dan acuan serta dapat mengembangkan pengetahuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fungsi Manajemen Kelas |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 14 Feb 2022 04:13 |
Last Modified: | 14 Feb 2022 04:13 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19355 |
Actions (login required)
View Item |