PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG SYAHADAT DAN AKAKTUALISASINYA DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA DI DESA SUKADANA KECAMATAN SUNGAI ROTAN KABUPATEN MUARA ENIM

SAPUTRI, OGITA (2021) PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG SYAHADAT DAN AKAKTUALISASINYA DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA DI DESA SUKADANA KECAMATAN SUNGAI ROTAN KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf

Download (145kB)
[img] Text
2.pdf

Download (275kB)
[img] Text
3.pdf

Download (53kB)
[img] Text
4.pdf

Download (108kB)
[img] Text
5.pdf

Download (5kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
KOVER.pdf

Download (230kB)
[img] Text
PUSTAKA.pdf

Download (72kB)

Abstract

Syahadat merupakan rukun islam yang pertama dan menjadi hal yang sangat penting bagi umat muslim. Banyak hal yang bisa merusak akidah dan tauhid seperti sumpah palsu (sumpah berbohong), syirik, suka mencela takdir Allah, bersumpah dengan nama selain Allah, atau dengan ucapan yang menjurus dengan syirik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pemaham masyarakat desa sukadana tentang syahadat dan aktualisasinya syahadat dalam kehidupan beragama . Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemahaman masyarakat tentan Syahadat dan Aktualisasinya dalam kehidupan beraagma di Desa Sukadana Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim. Penelitian ini mengunakan pendekatan kulitatif. Kulitatif merupakan penelitian lapangan (field research), sehingga data yang dihimpun merupakan data-data dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dengan objek penelitian. Penelitian menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data primer yaitu data yang didapatkan dari hasil wawancara, dan data sekunder adalah data yang didapatkan dari buku, majalah, artikel, jurnal, dan lain sebagainya. Data dianalisis kemudian disimpulkan secara induktif karena penelitian ini bersifat dari khusus menjadi umum. Hasil penelitian ini bahawasanya masyarakat desa sukadana belum memahami makna syahadat.Terutama dalam mengikrarkan dan penghayatan terhadap nilai-nilainya, serta masih yang melakukan kesyirikan seperti mempercyai pelaris dagangan dan amalan menjemput rezeki.Sedangkan aktualisasinya masyarakat desa sukadana sudah memahami syahadat melaksanakan aktipitas yang baik dalam hubungannya dengan sesama masyarakat lainya seperti menyayangi anak yatim, menyantuni orang miskin, serta menaati aturan lembaga yang diikuti.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Syahadat, dan aktualisasinya
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam
Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76232 - Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:57
Last Modified: 15 Feb 2022 02:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19365

Actions (login required)

View Item View Item