PERAN KOMITE NASIONAL PEMUDA INDONESIA (KNPI) TERHADAP REKONSTRUKSI DEMOKRASI DI PALEMBANG

BIMANTORO, BAGUS (2021) PERAN KOMITE NASIONAL PEMUDA INDONESIA (KNPI) TERHADAP REKONSTRUKSI DEMOKRASI DI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf

Download (523kB)
[img] Text
2.pdf

Download (253kB)
[img] Text
3.pdf

Download (374kB)
[img] Text
4.pdf

Download (684kB)
[img] Text
5.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DPUSTAKA.pdf

Download (535kB)
[img] Text
kover.pdf

Download (67kB)

Abstract

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) adalah salah satu organisasi kepemudaan yang bergelut dalam sistem politik. Rekonstruksi demokrasi merupakan bentuk perjalanan lika-liku yang dialami dalam suatu proses usaha yang dilakukan individu atau kelompok. Penelitian ini membahas tentang bagaimana peran KNPI terhadap rekonsteruksi demokrasi di Palembang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan KNPI dalam rekonstruksi demokrasi di Palembang dan untuk mengetahui tantangan apa saja yang dihadapi KNPI dalam rekonstruksi demokrasi di Palembang. Objek penelitian ini adalah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Palembang, Sumatera Selatan. Teori yang digunakan adalah teori sistem oleh David Easton yang dikaitkan dengan peran KNPI dalam menganalisa implementasi KNPI terhadap rekonstruksi demokrasi di Palembang dalam mengatasi kesenjangan demokrasi. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah badan kesatuan bangsa dan politik kota Palembang dan KNPI Palembang, data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis melalui reduksi data, kondensi atau penyederhanaan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran KNPI terhadap rekonstruksi demokrasi di Palembang terdiri atas dua hal. Pertama peran KNPI sebagai pendamping bagi masyarakat sipil dan pemuda dalam proses perbaikan demokrasi. kedua peran KNPI sebagai penyadaran bahwa demokrasi adalah hal yang harus dijunjung tinggi agar terciptanya keadlian sesuai sila ke-5.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peranan, KNPI, Rekonstruksi, Demokrasi
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 320 Ilmu politik > Hubungan negara dengan kelompok-kelompok sosial yang terorganisir
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 17 Feb 2022 02:08
Last Modified: 17 Feb 2022 02:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19432

Actions (login required)

View Item View Item