SISTEM PENGOBATAN MELALUI MEDIA HANDPHONE(STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DESA LEBUNGGAJAH KECAMATAN TULUNG SELAPAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR)

D AP I T, D AP I T (2021) SISTEM PENGOBATAN MELALUI MEDIA HANDPHONE(STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DESA LEBUNGGAJAH KECAMATAN TULUNG SELAPAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf

Download (164kB)
[img] Text
2.pdf

Download (220kB)
[img] Text
3.pdf

Download (160kB)
[img] Text
4.pdf

Download (256kB)
[img] Text
5.pdf

Download (84kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (74kB)
[img] Text
dpustaka.pdf

Download (107kB)
[img] Text
kover.pdf

Download (56kB)

Abstract

Kesehatan dan penyakit merupakan permasalahan utama yang dihadapi umat manusia sejak awal keberadaan umat manusia. Tujuan penelitian ini adalah untukmendeskripsikan munculnya latar belakang dan faktor-faktor pengobatan alternatif dukun melalui media handphone pada masyarakat dan untuk mendeskripsikan carapengobatan alternatif dukun melalui media handphone pada masyarakat Desa LebungGajah Kecamatan Tulung Selapan. Jenis penelitian yang digunakan dalam Skripsi ini adalah penelitian lapangan. Jenis data dalam penelitian ini adalah Kualitatif. Sumber data primer adalah informanpenelitian yaitu masyarakat, tokoh agama, dan perangkat desa Lebung Gajah yangpernah berobat dan mengetahui tentang pegobatan alternatif melalui dukun denganmedia handphone. Sumber data sekunder yaitu data yang digunakan berupabuku-buku, hasil karya imiah yang diteliti. Teknik pengumpulan data dalamSkripsi ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalamSkripsi adalah kualitaif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan munculnya pengobatan alternatif dukunmelalui media pada masyarakat Desa Lebung Gajah karena ada informasi kesembuhan dari masyarakat yang berobat, pelayanan sosial yang baik dankekeluargaan, keyakinan tinggi untuk sembuh, dan telah dilakukan secara turuntemurun. Pengobatan melalui HP meningkat setelah ada Covid-19. Faktor-faktor masyarakat memilih pengobatan alternatif adalah faktor ekonomi, budaya, psikologis, pribadi masyarakat, social, pengetahuan, dan keluarga. Faktor keluarga meliputi pengalaman pribadi, biaya pengobatan, metode penyembuhan yang sederhana, dankesembuhan yang cepat sesuai dengan bentuk penyakit yang dideritanya. Carapengobatan alternatif dukun melalui media handphone pada masyarakat Desa GunungGajah yaitu masyarakat yang sakit (pasien) menelpon pengobatan alternatif untukmenyepakati waktu berobat (mendaftar), dukun menelpon pasien untuk mengobati penyakit melalui handpone sesuai penyakitnya, masyarakat menuruti perkataan dukun, kemudian setelah selesai baru dilakukan pembayaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama - Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Armalanda Anto
Date Deposited: 17 Feb 2022 04:00
Last Modified: 17 Feb 2022 04:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19452

Actions (login required)

View Item View Item