KOMUNIKASI PERSUASIF (FKUB) FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DALAM PENANGANAN KONFLIK PENOLAKAN PEMBANGUNAN GEREJA HKBP ( STUDI KASUS DI TALANG KELAPA PALEMBANG )

Rizkyani, Riris (2022) KOMUNIKASI PERSUASIF (FKUB) FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DALAM PENANGANAN KONFLIK PENOLAKAN PEMBANGUNAN GEREJA HKBP ( STUDI KASUS DI TALANG KELAPA PALEMBANG ). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dpustaka.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kover.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Komunikasi persuasif adalah komunikasi yang bersifat memengaruhi, sikap, pendapat dan perilaku seseorang. FKUB selaku persuader adalah orang dari suatu kelompok yang menyampaikan pesan dengan tujuan untuk mempengaruhi sikap, pendapat dan perilaku orang lain baik secara verbal maupun nonverbal. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana dan apa saja hambatan komunikasi persuasif yang di lakukan FKUB Palembang dalam penanganan konflik penolakan pembangunan gereja HKBP di Talang Kelapa Palembang. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara, dan dokumentasi landasan teori Inokulasi. Sehingga hasil penelitian dan sejumlah temuan dilapangan didapat bahwa proses komunikasi persuasif FKUB kota Palembang dilakukan melalui beberapa pendekatan, yakni pendekatan organisasi keagamaan atau tokoh agama, berupa menjalin hubungan komunikasi yang baik bersama tokoh agama yang bertujuan untuk memiliki keterbukaan dalam menampung aspirasi masyarakat yang masih menolak terkhusus dengan menekankan tokoh agama setempat agar tetap rukun dan damai, Selanjutnya melalui monitoring dan peninjauan ke lapangan, dimana monioring lapangan sebagai upaya dalam mencari kebenaran fakta-fakta yang ada sehingga tidak adanya kesalahpahaman pihak yang berkonflik. Kemudian pendekatan kepemahaman keagamaan berupa menyampaikan fakta-fakta yang ada dan memberikan pengertian melalui malui dakwah dengan menyampaikan informasi tentang ajaran Islam, dan menciptakan kondisi serta situasi yang diharapkan dapat mempengaruhi sasaran dakwah. Adapun hambatan yang ditemukan antara lain adanya bentuk penolakan masyarakat pada perencanaan pendirian Gereja HKBP,belum terciptanya sikap toleransi antar umat beragama yang ada penduduk muslim sebagai mayoritas sedangkan Nasrani minoritas sehingga mudah memicu adanya konflik. Selain itu anggaran dana dari pemerintah yang belum memadahi sehingga pelaksanaan pertemuan, dialog keagamaan, rapat maupun sosialisasi, dari semua kegiatan tersebut terbatasi sehingga tidak semua lini bisa disentuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif,Fkub,Konflik Rumah Ibadah
Subjects: 200 Agama > 230 Agama Kristen, KOntekstual, MItologi Kristen
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 360 Masalah dan layanan sosial > Masalah-masalah sosial dan kesejahteraan sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 70201 - Ilmu Komunikasi
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:31
Last Modified: 24 Feb 2022 02:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19549

Actions (login required)

View Item View Item